Program Peningkatan Kualitas dan Efektivitas Proses Belajar Daring di Tengah Pandemi Virus Corona

Authors

  • Nurdinni Tilova Universitas Pamulang
  • Muhamad Guruh Universitas Pamulang
  • Hendri Gunawan Universitas Pamulang
  • Devi Putri Isnaeni Universitas Pamulang
  • Henni Marlinah Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i2.9762

Keywords:

Kualitas, Efektivitas, Proses Belajar Daring

Abstract

Tujuan dilaksanakannya kegiatan pengabdian masyarakat adalah untuk memberikan penyuluhan serta tanya jawab akan arti pentingnya meningkatkan kualitas dan efektivitas proses belajar daring di tengah pandemi virus corona, agar proses pembelajaran daring dapat terlaksana dengan baik, dan siswa dengan mudah memahami materi yang disampaikan para pedidik. Metode kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berlangsung dari bulan November sampai dengan Desember 2020 dan terdiri dari tiga tahapan kegiatan. Tahapan pertama yaitu tahap persiapan dalam melakukan survey lokasi mitra, peserta kegiatan dan penyusunan materi. Tahap ke dua yaitu pelaksanaan yang meliputi pemberian ceramah materi Peningkatan Kualitas dan Efektivitas Proses Belajar Daring di Tengah Pandemi Virus Corona. Tahap ketiga yaitu evaluasi antara lain untuk mengetahui seberapa dalam pemahaman peserta pelatihan terhadap materi yang diberikan. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah SMK Muhammadiyah Parakan hanya menggunakan aplikasi whatsapp dalam melakukan pembelajaran daring, sehingga kurang efektifnya kegiatan belajar jarak jauh. Perlu adanya aplikasi lain yang digunakan sekolah ini agar guru dapat menyampaikan materinya dengan efektif, serta siswa dapat memahami materi yang disampaikan.

References

Dabbagh, N. (2007). The online learner: Characteristics and pedagogical implications. Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 7(3), 217-226.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(1), 55-61.

Hasanah, A., Lestari, A. S., Rahman, A. Y., & Daniel, Y. I. (2020). Analisis aktivitas belajar daring mahasiswa pada pandemi Covid-19. http://digilib.uinsgd.ac.id/30565/

Hidayat, W., & Sudibyo, N. A. (2018). Implementasi Pembelajaran Interaktif Elektronika Dasar Menggunakan Adobe Flash Cs6 Pada Kelas Semu Dengan Google Classroom Berbasis Framework RAD. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 1(2), 17-24.

Husamah. (2015). Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Jakarta: Prestasi Pustaka

Lahinta, A. (2012). Berbagai Model Inovasi Pembelajaran dengan dukungan Teknologi Informasi. Prosiding APTEKINDO, 6(1), 9-16.

Noveandini, R., & Wulandari, M. S. (2010). Pemanfaatan Media Pembelajaran Secara Online (E-learning) Bagi Wanita Karir Dalam Upaya Meningkatkan Efektivitas Dan Fleksibilitas Pemantauan Kegiatan Belajar Anak Siswa/i Sekolah Dasar. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).

Safrizal ZA, Putra, D. I., Sofyan, S. & Bimo (2020). Pedoman Umum Menghadapi Pandemi Covid-19 Bagi Pemerintah Daerah. Pencegahan, Pengendalian, Diagnosis dan Manajemen.

Sagala, Syaiful. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV

Downloads

Published

2021-05-01

How to Cite

Tilova, N., Guruh, M., Gunawan, H., Isnaeni, D. P., & Marlinah, H. (2021). Program Peningkatan Kualitas dan Efektivitas Proses Belajar Daring di Tengah Pandemi Virus Corona. DEDIKASI PKM, 2(2), 188–194. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i2.9762