Pelatihan Pemanfaatan Marketplace pada Umkm dalam Masa Covid-19

Authors

  • Fina Fitriyana Universitas Pamulang
  • Anum Nuryani Universitas Pamulang
  • Tati Rosyati Universitas Pamulang
  • Yolanda Gusvia Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i2.9765

Keywords:

UKM, Marketplace, RPM

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bekerja sama dengan Rumah Pemberdayaan Masyarakat (RPM) Tangerang Selatan. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengenalkan penggunaan marketplace dan mengaplikasikannya pada UKM. Ada 100 UKM yang mengikuti kegiatan ini. Proses sosialisasi dilakukan secara serentak dan bersama di Universitas Pamulang. Kegiatan pengabdian masyarakat ini terbagi dalam beberapa kelompok dengan minimal satu pengabdi untuk satu peserta pada 31 Oktober - 5 November 2020. Metode dalam kegiatan ini adalah penyuluhan, tutorial, diskusi, pendampingan dan asesmen. Setiap kelompok terdiri dari empat fasilitator dan satu peserta. Melalui kegiatan ini, UKM dapat memanfaatkan dan memahami penggunaan salah satu marketplace / media sosial. Pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat bermanfaat bagi berbagai pihak baik UKM, pemerintah maupun akademisi.

References

Abraham Wasli, Sejarah Awal Berdirinya Marketplace Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, Blibli Dan Jdid, Teknologi.Id, (September 2020), Https://Teknologi.Id/Os/Sejarah-Awal-Berdirinya-Marketplace-Tokopedia-Shopee-Bukalapak-Lazada-Blibli-Dan-Jdid

Artaya, I. Putu; Purworusmiardi, Tubagus. Efektifitas Marketplace Dalam Meningkatkan Konsentrasi Pemasaran Dan Penjualan Produk Bagi Umkm Di Jawa Timur. Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Narotama Surabaya, 2019, 1-10.

Feriawan Hidayat, Kehadiran Marketplace Berikan Manfaat Besar Bagi Umkm, Berita Satu (12 November 2019), Https://Www.Beritasatu.Com/Digital/584810/Kehadiran-Marketplace-Berikan-Manfaat-Besar-Bagi-Umkm#!

Ilham Mubarok, Apa Itu Marketplace? Pengertian, Jenis, Dan Contohnya, Niagahisterblog, (2019) Https://Www.Niagahoster.Co.Id/Blog/Marketplace-Adalah/

Pahlevi, Pengertian Marketplace Dan Jenis-Jenis Marketplace, Pahlevi, (2017) Https://Www.Pahlevi.Net/Pengertian-Marketplace/

Puspita Karyati, Ika, E-Commerce Untuk Umkm Dan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia, Kementerian Keuangan Badan Pendidikan Dan Pelatihan Keuangan, (13 September 2019), Https://Bppk.Kemenkeu.Go.Id/Content/Berita/Pusdiklat-Keuangan-Umum-Ecommerce-Untuk-Umkm-Dan-Pertumbuhan-Ekonomi-Indonesia-2019-11-05-Ebe6e220/

Setiawan, Budi. Edukasi E-Commerce Pada Pelaku Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kota Palembang. Jurnal Abdimas Mandiri, 2018, 2.2.

Suryanto, Tommi. Penerapan E-Marketplace Pada Distro Silver Squad. Konferensi Nasional Sistem Informasi (Knsi) 2018, 2018

Downloads

Published

2021-05-01

How to Cite

Fitriyana, F., Nuryani, A., Rosyati, T., & Gusvia, Y. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Marketplace pada Umkm dalam Masa Covid-19. DEDIKASI PKM, 2(2), 206–2011. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i2.9765