Memacu Kualitas Sdm di Tengah Pandemi Covid-19 di Rumah Tahfidz Al Hikam, Kel. Pondok Kacang Timur, Kec. Pondok Aren. Tangerang Selatan

Authors

  • Hira Maulida Universitas Pamulang
  • Muhamad Abid Universitas Pamulang
  • Dede Andi Universitas Pamulang
  • Melda Wiguna Universitas Pamulang
  • Irfan Rizka Akbar Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i2.9769

Keywords:

Pengembangan SDM, Pendidikan SDM

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memotivasi dan memberikan penyuluhan dalam mengelola dan memikirkan tata kelola yang efektif tentang solusi mengembangkan potensi para santri maupun para guru santri dalam memacu kualitas SDM sebagai upaya pencapaian tujuan untuk membangun perekonomian untuk rumah tahfidz Al - Hikam. Program yang kami usulkan adalah â€Memacu Kualitas SDM di Tengah Pandemi Covid-19 Pada Rumah Tahfidz Al Hikam, Kel. Pondok Kacang Timur, Kec. Pondok Aren, Tangerang Selatanâ€. Bentuk dari program ini adalah memacu kualitas SDM dengan Penyuluhan Pengembangan SDM yang dampak positifnya bagi para santri maupun tenaga pengajar para rumah tahfids dan tahsin Al-Hikam untuk mampu menjadi SDM yang kompeten. Metode yang akan dipakai dalam pencapaian tujuan yaitu dengan berbagai metode seperti ceramah, diskusi dan tanya jawab, serta pendampingan bagi masyarakat secara rutin. Program ini mempunyai mempunyai hasil dan tujuan jangka panjang demi SDM Rumah Tahfidz menjadi lebih kompeten dan berkualitas untuk perbekalan di masa yang akan datang.

References

Andi. D. Maulida. H. Rizka. I. Abid. M. Wiguna. M. (2020). Memotivasi Siswa-Siswi SMK Muhammadiyah Parung-Bogor Menjadi Siswa-Siswi Unggulan Sebagai Persiapan Memasuki Jenjang Perguruan Tinggi Dan Dunia Kerja. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana 2(2), 127-131

Atmani, Hastini Dwi, (2015). “Investasi Sumber Daya Manusia Melalui Pendidikanâ€. Jurnal DinamikaPembangunan.Vol.2No1/Juli 2005.

Bahreisy, Hussein. (2010). Himpunan Hadist Pilihan: Hadist Shahih Bukhari. Surabaya: Al Ikhlas.

Djojonegoro, Wardiman. (2015). Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia untuk Pembangunan. Jakarta: Depdikbud.

Qurbani. D. Utomo. SB. Maulida. H. Supardi. S. Oktrima. B. (2020). Motivasi Untuk Meningkatkan Kinerja Sumber Daya Manusia Pada Kelurahan Pisangan. Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen, 1(2), 56-66.

Dumilah, R., Sunarto, A., Solihin, D., & Maulida, H. (2020). PELATIHAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK PROMOSI. DEDIKASI PKM, 1(1), 26–33.

Engkoswara. (2011). Paradigma Manajemen Pendidikan Menyongsong Otonomi Daerah. Bandung:Yayasan Amal Keluarga.

Freshka Hasiani. S, (2015). “Analisis Kualitas Sumber Daya Manusia Dan Pengaruhnya Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Kabupaten Pelalawan†Jurnal Jom FEKON Vol. 2 No. 2 Oktober 2015.

Freddie Yeremia Christanto dan Thomas Santoso , “Analisis Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Pt Wahana Kosmetika Indonesia†Jurnal AGORA Vol. 2, No. 2, (2014)

Hasibuan, Malayu, S.P. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarat: BumiAksara. Hasibuan, M. (2008).Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Hassan, A. (2017). Human Resource Development and Organizational Values. Journal of European Industial Training , 445

Kartadinata, Sunaryo. 2017. Pendidikan dan Pengembangan SDM Bermutu Memasuki Abad XXI. Purwokerto: Makalah Konvensi.

Kasmawati.(2012). Prinsip-prinsip Dasar Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal UIN Alauddin Makassar, 94.

Mangkunegara, A. P (2013).Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Poespowardojo, Soerjanto, 2017, Peran Pancasila dalam Pembangunan Nasional,Jakarta: Lemhanas. Tilaar, H.A.R. (1998). Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional dalamPerspektif Abad 21. Magelang: Tera Indonesia.

Sanusi, Achmad. 2018. Pendidikan Alternatif. Bandung:Program Pascasarjana dan PT Grafindo Media Pratama.

Siagian, Sondang P. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta:Bumi Aksara

Downloads

Published

2021-05-01

How to Cite

Maulida, H., Abid, M., Andi, D., Wiguna, M., & Akbar, I. R. (2021). Memacu Kualitas Sdm di Tengah Pandemi Covid-19 di Rumah Tahfidz Al Hikam, Kel. Pondok Kacang Timur, Kec. Pondok Aren. Tangerang Selatan. DEDIKASI PKM, 2(2), 233–238. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i2.9769