Penyuluhan Pemberdayaan Koperasi Sebagai Sarana Peningkatan Ekonomi Warga Rw.04 Sektor Iii Bumi Puspiptek Asri Pagedangan Kabupaten Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i2.9816Keywords:
Koperasi, Penjualan, Media OnlineAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mentransfer pengetahuan bagaimana cara meningkatkan pemberdayaan usaha-usaha masyarakat agar dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dengan cara mengintegrasikan setiap kegiatan konsumsi, produksi dan usaha-usaha yang dilakukan oleh warganya. Sehingga dari kegiatan ini terbentuk atau memiliki bentuk atau badan hukum yang legal. Dengan terbentuknya koperasi diharapkan usaha produksi, perdagangan, maupun konsumsi yang dilakukan masyarakat di RW.04 Sektor III Bumi Puspiptek Asri (BPA) Desa Pagedangan dapat berkembang dan pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan masyarakat. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa sebelum pelaksanaan PKM, para warga masyarakat di RW.04 Sektor III BPA, belum terbentuk koperasi secara formal, dan usaha-usaha yang dilakukan menggunakan sistem manual dan pedagangan belum mengenal istilah-istilah terkait dengan pemasaran produk lewat media daring (online), namun setelah pelaksaan kegiatan diketahui para warga RW.04 Sektor III BPA dapat memahami dasar-dasar pembentukan koperasi, pemasaran produk melalui media sosial. Kegiatan PKM berperan positif dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam memahami koperasi dan penjualan lewat media online. Metode kegiatan yang digunakan adalah bekerjasama dengan ibu-ibu Warga RW.04 Sektor III BPA, yang beralamat di RW.04 Perumahan Bumi Puspiptek Asri Sektor III Desa Pagedangan Kabupaten Tangeranga dan mencari pemasalahan yang ada di tempat tersebut sehingga dapat memberikan solusi yang tepat dalam memotivasi warga masyarakat adalah pelaku bisnis di Desa Pagedangan khususnya warga RW.04 Sektor III BPA. Setelah di analisis maka kami memberikan pelatihan dalam bentuk materi dan praktek ayng bertujuan mengembangkan kemampuan untuk meningkatkan pemasaran via media daring (online) bagi para warga RW.04 Sektor III BPA Desa Pagedangan.References
AM Irfanudin, D Sunardi, R Sari, I Imbron, N Nariah. (2020). PERAN SEO DALAM MENINGKATKAN RELIABILITAS PEMASARAN PRODUK VIA MEDIA ONLINE PADA FORUM MUSLIMAH DEPOK. Dedikasi PKM, 1(1)
AM Irfanudin, E Kurniawati, Jamaluddin, R Andalusi, Noryani. (2020). STRATEGI BERBISNIS ONLINE DITENGAH PANDEMI CORONA VIRUS DISEASE 2019 COVID-19. Dedikasi PKM, Vol.1(2)
Tahapan Pendirian Koperasi, https://tirto.id/tahapan-pendirian-koperasi-dan-syarat-pengesahan-badan-hukumnya-ekom , diakses pada: 25 Desember 2020
Kasali, R., & dkk. (2010). Modul Kewirausahaan. Jakarta: HIkmah (PT Mizan Publika).
Syarat dan Prosedur Pendirian Koperasi di Indonesia. https://smartlegal.id/pendirian-usaha/pendirian-koperasi/2019/04/26/syarat-dan-prosedur-pendirian-koperasi/ diakses pada: 30 Desember 2020
Ward, John, Peppard, Joe. (2002). Strategic Planning for Information System. 3rd Edition. John Willey & Sons, Buffins Lane, Chichester