Pentingnya Transparansi Laporan Keuangan terhadap Kinerja Individu

Authors

  • Jenyssa Faizah Farouk Politeknik STIALAN Bandung

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v4i5.11599

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pentingnya transparansi laporan keuangan terhadap kinerja individu. Metode penelitian yang digunakan pada jurnal ini adalah metode kuantitatif dengan sampel yang diambil yaitu sebanyak 23 responden.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan mengisi kuisioner yang dilakukan oleh responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa transparansi laporan keuangan yang dilakukan oleh perusahaan akan mempengaruhi kinerja setiap individu yang bekerja pada perusahaan tersebut. Karena dengan mengetahui laporan keuangan yang ada maka para responden berpendapat bahwa para pekerja pada perusahaan tersebut akan tahu apa yang akan mereka lakukan setelah hasil yang mereka dapat, yaitu dengan meningkatkan kinerja mereka ataupun dengan menstabilkan kinerja yang sudah mereka kerahkan.

 

Kata Kunci: Transparansi; Kinerja; Laporan Keuangan.

Author Biography

Jenyssa Faizah Farouk, Politeknik STIALAN Bandung

Jenyssa Faizah Farouk. Mahasiswi Politeknik STIALAN Bandung Semester 2 Jurusan Administrasi Bisnis Sektor Publik. Umur 19 Tahun.

References

Nurdarmasih, K., Atmadja. A. T., Julianto. I. P. (2019). Transparansi Dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Sistem Pemberian Kredit Mutranin Pada Dadia Tangkas Kori Agung Desa Pakraman Bila Bajang, Kecamatan Kubutambahan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi,10(1), 3-4.

Riswan, Kesuma, Y. F. (2014). Analisi Laporan Keuangan Sebagai Dasar Dalam Penilaian Kinerja Keuangan PT. BUDI SATRIA WAHANA MOTOR. Jurnal Akuntansi & Keuangan, 5(1), 2-3.

Utama, D. A., Setiyani, R. (2014). Pengaruh Transparansi, Akuntabilitas, dan Responsibilitas Pengelolaan Keuangan Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, IX(2), 3-9.

Halmawati., Mustin, F. S. (2015). Penerapan Transparansi Pelaporan Keuangan Dalam Perspektif Tekanan Eksternal Dan Komitmen Organisasi. Book of Proceedings. (pp. 548, 551).

Khumaedi, E. (2016). Pengaruh Disiplin Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Sentra Operasi Terminal Pt. Angkasa Pura II. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis,2(1)70-71.

Kristiana, A., Syaifulloh, M., Riono, S. B. (2020). Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Di RSU Islami Mutiara Bunda. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 16(1), 3-4.

Lestary, L., Harmon. (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Riset Bisnis & Investasi 3(2), 95.

Downloads

Published

2021-09-28

How to Cite

Farouk, J. F. (2021). Pentingnya Transparansi Laporan Keuangan terhadap Kinerja Individu. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(5), 418–425. https://doi.org/10.32493/drb.v4i5.11599

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.