Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Net Profit Margin Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dan Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2019)

Authors

  • Dadang Sumarna Universitas Pamulang
  • Nurul Aulia Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v4i5.12355

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan penjualan, net profit margin dan struktur modal terhadap nilai perusahaan di perusahaan manufaktur sektor industry barang konsumsi yang terdaftar di BEI tahun 2015-2019. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian sebanyak 80 data yang sudah lolos dari kriteria sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan laporan keuangan perusahaan yang di ambil dari website perusahaan dan situs BEI www.idx.co.id. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan pertumbuhan penjualan dan net profit margin tidak berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan struktur modal berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Pertumbuhan penjualan, net profit margin dan struktur modal secara bersama-sama terhadap nilai perussahaan sebesar 5,2% dan sisa nya 94,8% dipengaruhi oleh variabel lain.

 

Kata kunci: Pertumbuhan penjualan; net profit margin; struktur modal; nilai perusahaan

Author Biographies

Dadang Sumarna, Universitas Pamulang

Nama : Dadang SumarnaAgama : IslamNo. Hp : 085694444499

Nurul Aulia, Universitas Pamulang

Nama : Nurul AuliaTempat/Tanggal Lahir : Jakarta/27 Februari 1999Agama : IslamAlamat : Jl. Pakembangan barat No. Hp : 088219731006

References

Andriani, L., (2018). Pengaruh Profitabilitas dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Deviden sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Sub. Sektor Property & Real Estate yang Terdaftar di BEI periode 2012-2016. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. 1(7), 139-151

Febriana, F. (2019). Pengaruh Dividen Payout Ratio, Return On Asset dan Debt to Equity Ratio Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Consumer Goods Industry yang Terdaftar di BEI tahun 2012-2016. Jurnal Ekonomi. 2(1), 44-60.

Ghozalu, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kasmir. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rumondor, R., Mangantar, M & Sumarauw, J. SB. (2015). Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan dan Risiko Perusahaan Terhadap Nilai Saham pada Perusahaan Tekstil dan Garmen yang Terdaftar di BEI Periode 2011-2014. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(3), 159-169.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 61-137.

Suripto. (2019). Pengaruh Tarif Pajak, Earning Per Share, dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Harga Saham (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2012-2016), Jurnal Renaissance, 4(1), 479-494.

CNBC Indonesia. (2019, 15 November). Anjlok Hampir 20%, Indeks Sektor Konsumer Belum Juga Bangkit. Diakses tanggal 31 Maret 2021. Https://www.cnbcindonesia.com/market/20191115140836-17-115584/anjlok-hampir-20-indeks-sektor-konsumer-belum-juga-bangkit

Laporan Keuangan dan Tahunan (2015-2019). www.idx.co.id. Diakses tanggal 19 September 2020.

Downloads

Published

2021-09-28

How to Cite

Sumarna, D., & Aulia, N. (2021). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Net Profit Margin Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dan Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2019). Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(5), 410–417. https://doi.org/10.32493/drb.v4i5.12355

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.