Pengaruh Online Consumer Review Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Sinar Tani PS Di Tokopedia

Authors

  • Lailatul Meta Aprilia Muzizat Fakultas EKonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Fadillah Fadillah Fakultas EKonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v4i5.13270

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Online Consumer Review dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Sinar Tani Ps di Tokopedia. Metodologi penelitian yang digunakan menggunakan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian sebanyak 100 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah uji instrumen, uji asumsi klasik, uji regresi, uji koefisien korelasi dan koefisien determinasi serta uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Online Consumer Review terhadap Keputusan Pembelian dapat dibuktikan dari thitung 18,223 > ttabel 1,985 dengan signifikan 0,000 < 0,05 dan promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian dapat dibuktikan dari thitung 28,741 > ttabel 1,985 dengan signifikan 0,000 < 0,05. Secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Online Consumer Review dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian dapat dibuktikan dari Fhitung 466,942 > Ftabel 3,09 dengan tingkat siginifikan 0,000 < 0,05.

 

Kata Kunci: Online Consumer Review; Promosi; Keputusan Pembelian

References

Filieri, R., 2014. What makes online reviews helpful? A diagnosticity-adoption framework to explain informational and normative influences in e-WOM. Journal of Business Research, 68(6), pp.1261–1270.

Katrin, I. L., & Setyorini, H. D. (2018). Pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian di Restoran Javana Bistro Bandung. The Journal Gastronomy Tourism, 3(1), 246-254.

Kotler, P. And Keller, K. L. (2016) Marketing Management. 15th Edn. Pearson Education.

Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Lackermair, G., Kailer, D., & Kanmaz, K. (2013). Importance of Online Product Reviews from a Consumer’s Perspective. Advances in Economics and Business, 1(1), 1-5. Retrieved September 27, 2016, from http://www.hrpub.org/download/201307/aeb.2013.01010 1.pdf

Rizqillah, M., & Kurniawan, P. H. (2020). Pengaruh Promosi, Kualitas dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Perlengkapan Bayi Snobby Di Kota Batam. Jurnal Ilmiah Core IT: Community Research Information Technology, 8(1).

Sudjatmika,F.V.(2017).Pengaruh harga, ulasan produk, kemudahan, dan keamanan terhadap keputusan pembelian secara online di Tokopedia. com. Agora, 5(1).

Tjiptono, Fandy. 2011. Strategi Pemasaran Edisi 3. Yogyakarta : ANDI.

Downloads

Published

2021-09-30

How to Cite

Muzizat, L. M. A., & Fadillah, F. (2021). Pengaruh Online Consumer Review Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Sinar Tani PS Di Tokopedia. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(5), 469–477. https://doi.org/10.32493/drb.v4i5.13270

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.