Pengaruh Online Consumer Review Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Sinar Tani PS Di Tokopedia
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v4i5.13270Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Online Consumer Review dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Sinar Tani Ps di Tokopedia. Metodologi penelitian yang digunakan menggunakan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian sebanyak 100 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah uji instrumen, uji asumsi klasik, uji regresi, uji koefisien korelasi dan koefisien determinasi serta uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Online Consumer Review terhadap Keputusan Pembelian dapat dibuktikan dari thitung 18,223 > ttabel 1,985 dengan signifikan 0,000 < 0,05 dan promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian dapat dibuktikan dari thitung 28,741 > ttabel 1,985 dengan signifikan 0,000 < 0,05. Secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Online Consumer Review dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian dapat dibuktikan dari Fhitung 466,942 > Ftabel 3,09 dengan tingkat siginifikan 0,000 < 0,05.
Kata Kunci: Online Consumer Review; Promosi; Keputusan Pembelian
References
Filieri, R., 2014. What makes online reviews helpful? A diagnosticity-adoption framework to explain informational and normative influences in e-WOM. Journal of Business Research, 68(6), pp.1261–1270.
Katrin, I. L., & Setyorini, H. D. (2018). Pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian di Restoran Javana Bistro Bandung. The Journal Gastronomy Tourism, 3(1), 246-254.
Kotler, P. And Keller, K. L. (2016) Marketing Management. 15th Edn. Pearson Education.
Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta : Erlangga.
Lackermair, G., Kailer, D., & Kanmaz, K. (2013). Importance of Online Product Reviews from a Consumer’s Perspective. Advances in Economics and Business, 1(1), 1-5. Retrieved September 27, 2016, from http://www.hrpub.org/download/201307/aeb.2013.01010 1.pdf
Rizqillah, M., & Kurniawan, P. H. (2020). Pengaruh Promosi, Kualitas dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Perlengkapan Bayi Snobby Di Kota Batam. Jurnal Ilmiah Core IT: Community Research Information Technology, 8(1).
Sudjatmika,F.V.(2017).Pengaruh harga, ulasan produk, kemudahan, dan keamanan terhadap keputusan pembelian secara online di Tokopedia. com. Agora, 5(1).
Tjiptono, Fandy. 2011. Strategi Pemasaran Edisi 3. Yogyakarta : ANDI.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.