PENGARUH MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS PADA INDUSTRI DASAR DAN KIMIA DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • Muhammad Andrei Lesmono Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v1i1.1677

Abstract

ABSTRAK

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuipengaruh antara modal kerja terhadap profitabilitas perusahaan yang diukur melalui return on assets (ROA) dan return on equity (ROE).

Populasi dalam penelitian ini adalah sejumlah 35 perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia yangterdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode tahun 2008 sampai dengan 2011. Untuk menguji hipotesis penelitian ini, data tersebut dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa modal kerja dan ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas perusahaan. Sedangkan secara parsial modal kerja memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap profitabilitas perusahaan, serta ukuran perusahaan memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas perusahaan.Implikasi terhadap manajemen perusahaanyaitu manajemen harus mampu mengelola modal kerja yang dimilikinya secara efektif dan efisien sehingga mampu menghasilkan laba yang tinggi.

 

Kata Kunci    : return on assets (ROA), return of equity (ROE), profitabilitas, modal

  kerja, ukuran perusahaan.

Downloads

Published

2018-08-08

How to Cite

Lesmono, M. A. (2018). PENGARUH MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS PADA INDUSTRI DASAR DAN KIMIA DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal Disrupsi Bisnis, 1(1). https://doi.org/10.32493/drb.v1i1.1677

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.