PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU PADA PONDOK PESANTREN ASSHIDDIQIYAH JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v1i3.2855Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik angket. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah kuesioner tertutup dengan skala likert. Penelitan ini menggunakan sampel jenuh dengan jumlah responden sebanyak 95 guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh lingkungan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja guru, Pengaruh lingkungan kerja dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Asshiddiqiyah Jakarta. Data yang diperoleh dari penelitian ini dianalisis dengan menggunakan metode statistik dengan program SPSS versi 19 for windows. Adapun hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa secara parsial lingkungan kerja dan motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, begitu pula secara simultan atau bersama-sama. Peneliti menyarankan agar manajemen pondok pesantren senantiasa meningkatkan kualitas lingkungan kerja yang ada dan mempertahankan serta meningkatkan motivasi kerja guru, sehingga kinerja guru akan semakin baik dimasa mendatang.
Kata Kunci: Lingkungan kerja, Motivasi kerja dan Kinerja Guru
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.