Literature Review: Marketing Strategy Marketing Mix for Local MSME
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v7i2.35947Abstract
MSME (Micro, Small and Medium Enterprises) have an important and strategic role in economic growth, so there is a need for a marketing strategy to develop local MSMEs. Marketing mix is a marketing strategy that emphasizes various factors known as the 7Ps. This research aims to discuss marketing mix strategies for local MSMEs through a literature review. The method used is qualitative with a literature review. This research data uses secondary data through online observation. The results of the research by drawing conclusions from several journal descriptions studied show that marketing strategies using a marketing mix can increase the effectiveness of MSMEs, such as increasing sales volume and increasing the competitiveness of MSMEs in the current era of intense competition.
References
Aina Mardhiyah, A. W. (2021, Maret). Literature Review : Hubungan Motivasi Dengan Kinerja Kader Posyandu. Jurnal Keperawatan, 19(1), 37-46.
Atikah Zahrah, S. L. (2021, Oktober). Analisis Marketing Mix Terhadap Volume Penjualan Pada Umkm Rm. Solideo Kawasan Bahu Mall Manado. Jurnal Emba, 9(4), 216-226.
Dewi Untari, D. E. (2018, September). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Widya Cipta, 2(2), 271-278.
Dimas Hendika Wibowo, Z. A. (2015, Desember). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm (Studi Pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), 59-66.
Febriyanti, R. A. (2021, Januari 31-43). Bauran Pemasaran Pada Media Sosial Dan Website Perpustakaan Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 10(1).
Fitri Nurlina, U. S. (2022). Marketing Mix, Implementation Of Marketing Strategies In Health Services: Literature Review. Healthcare Nursing Journal, 4(1), 260-264.
Hadi, V. A. (2022). Literature Review: Strategi Pemasaran Umkm Di Pasar Baru Pos Lintas Batas Negara (Plbn) Entikong. Proceeding Seminar Nasional Bisnis, 6, 154-166.
Kaharuddin. (2021, April). Kualitatif : Ciri Dan Karakter Sebagai Metodologi. Equilibrium : Jurnal Pendidikan, 9(1), 1-8.
Khairuj Januar, N. S. (2016). Pengaruh Harga dan Iklan Terhadap Citra MereK dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Suzuki Nex 115 FI (Survey Pada Pengunjung Dealer Suzuki SMJ Bandung). Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung)
Malkan Yahya Abdillah, S. I. (2023, Februari). Analisis Strategi Segmenting, Targeting, Dan Positioning Pada Restoran Mie Aceh Agam Jaya. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 6(2), 180-186.
Meinarini Catur Utami, A. S. (2021, Desember). Tinjauan Scoping Review Dan Studi Kasus. Radial, 9(2), 152-172.
Melinia, M. I. (2021, Desember). Implementasi Marketing Mix Strategyterhadap Peningkatan Penjualan Umkm Aneka Keripik Sungkai Jaya Ditinjau Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Eksyar (Jurnal Ekonomi Syariah), 8(2), 271-295.
Noviyanti Iis, H. S. (2017, Oktober). Uraian Singkat Kondisi Pasar E-Commerce Terkini. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(1), 92-100.
Olivia Margaretha Sugiarto, E. O. (2023, November). Implikasi Marketing Mix Terhadap Peningkatan Performa Kinerja Freight Forwarding Pt X Surabaya. Jurnal Disrupsi Bisnis, 6(6), 617-624.
Prasetyo, W. (2017, Maret). Literature Review: Stres Perawat Di Ruang Instalasi. Jurnal Ners Lentera, 5(1), 43-55.
Riski Putri Anjayani, I. R. (2022). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Pada Umkm Yjs Sukabumi). Jurnal Multidisiplin Madani, 2(9), 3610–3617.
Sari, D. P. (2021, Maret). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Harga Kompetitif, Lokasi (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jimt, 2(4), 524-533.
Sasongko, S. R. (2021, September). Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jimt, 3(1), 104-114.
Septyadi, M. A. (2022, Januari). Literature Review Keputusan Pembelian Dan Minat Beli Konsumen Pada Smartphone: Harga Dan Promosi. Jmpis, 3(1), 301-303.
Stisilia Stisilia Timbuleng, A. L. (2021). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm (Studi Kasus Pada Friska Beauty Studio Tomohon). Jurnal Emba : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(2), 1178-1184.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhamad Adiala Yasmin, Nindia Ellissa Agata, Anggi Nauli, Rafael Valentino Mauboy
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.