Peran Kedisplinan dalam Pelaksanaan Tugas pada Satuan Polisi Pamong Praja Kecamatan Pesanggrahan di Jakarta Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v7i1.37955Keywords:
Kedisiplinan, Satuan Polisi Pamong Praja, Pelaksanaan Tugas, PesanggrahaanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai kedisplinan dan implementasinya pada Satuan Polisi Pamong Praja Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan. Oleh karena itu penggalian data di lapangan dilaksanakan secara komprehensif dan mendalam terkait kenyataan dan teori yang saling berhubungan. Metode penelitian yang dipakai adalah kualitatif dengan melakukan pemaparan secara mendalam dari wawancara terhadap The Key Informan, Fokus Grup Diskusi, dan Perspektif Peneliti serta Expert Adjustment. Hasil penelitian membuktikan secara empiris dari observasi, wawancara, fokus grup diskusi, SWOT analisis, perspektif peneliti dan expert adjustment ditemukan adanya kesenjangan nilai dari teori dan kenyataan sehingga perlunya pandangan peneliti yang didukung oleh ahli untuk memberikan arah nilai-nilai kedisiplinan yang diharapkan.
References
Cresell, John W, 2003, : Qualitatif, Quantitative and Mixed MethodsApproaches. Edisi ke-2. India- Sage.
Dessler Gary, 2006, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, PT. Indeks.
Gatot Iswantoro, 2013, Kepemimpinan Dengan Hati, Tugu, Yogyakarta
Gunadi Getol, 2010, Good Leadership VS Bad Leadership, PT. Elek MediaComputindo, Jakarta.
Henry Simamora, 2001, Manajemen Sumber Daya Manusia, STIE YKPN,Yogyakarta.
Iskandar, Taba, 2008, Tesis : Pengaruh Kepemimpinan Dan Budaya OrganisasiTerhadap Motivasi Kerja karyawan Pada Kantor Badan Otorita batam, Program Pasca Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga, Surabaya.
Kartono, Kartini, 2001, Pemimpin dan Kepemimpinan. Edisi Kedua, Cetakan Kesembilan, Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Notoatmodjo, Spekidjo, 2003, Pengembangan Sumber Daya Manusia, Cetakan ketiga, Rineke Cipta, Jakarta.
RichardL. Daft, 2006, Era Baru Manajemen, Terjemahan : New Era Of Management, Edisi 9, Salemba Empat, Jakarta,
Rusmin, Tumanggor, dkk, 2012, Ilmu Sosial & Budaya Dasar, Cetakan ke 2, Kencana Prenada Media Grup, Jakarta.
Sugiyono, 2011, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Cetakan ke-13, Alfabeta Bandung.
Umi, Rusilowati, 2013, Manajemen Pengetahuan, Asmoro Mediatama, Tangsel,
Kasmir. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). PT. Rajagrafindo Persada Depok
Nawawi Hadari. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk bisnis yangkompetitif, Gajah Mada University Fress, Yogyakarta.
Ansory, A. F dan Indrasari. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. EdisiRevisi. Indonesia Pustaka. Sidoarjo
Sutrisno, E. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia.: Kencana Jakarta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.: Alfabeta, CV Bandung
A. Muri Yusuf. 2014. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabunganâ€. prenadamedia group. Jakarta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan ke-24. : Alfabeta. Bandung
Bisjoe, A. (2018). Menjaring Data Dan Informasi Penelitian Melalui Fgd ( Focus Group Discussion ): Belajar Dari Praktik Lapang. Info Teknis Eboni, 15(1), 17–27
Moleong, L. (2015). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi revi). PT Remaja Bandung.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta cv. Jurnal
Supardi, Peran Kedisiplinan Belajar dan Kecerdasan Matematis Logis Dalam Pembelajaran Matematika, Formatif – Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. Vol 4 No 2 Tahun 2014 p-ISSN 2502-5457 e-ISSN 2588-351x, Tahun 2014.
Ihsan MZ, Peran Konsep Diri Terhadap Kedisiplinan Siswa, Nalar Jurnal Peradaban dan Pemikiran Islam, vol 2 no 1, EISSN 2598-8999, PISSN 2597-9930 Tahun 2018
Arniah, Peran Guru dalam Meningkatkan Karakter Kedisiplinan Siswa Madrasah Ibtidaiyah, Jurnal Basicedu, Journal of Elementary Education,vol 6 No 5. Tahun 2022, PISSN 2580-3735, EISSN 2580-1147. Tahun 2022.
Adrianus Bawamenewi , Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru dan Siswa Negeri 1 Lolofitu MOI Jurnal Review Pendidikan dan pengajaran, vol 4 no 1 Tahun 2021,
Maria Magdalena Mbate'e, Peranan Kedisiplinan Kerja Dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Pegawai Di Pustu Desa Botolakha Kecamatan Tuhemberua Kabupaten Nias Utara Jesya – Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah, vol 3 no 1 Tahun 2020
Nadhifa, F., Habsy, B. A., & Ridjal, T. (2020). Konseling Kelompok Realita Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah, Efektifkah? Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 49–58. https://doi.org/10.21009/pip.341.6
Cahaya, N., & Rahma, T. I. (2021). Peran Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten Aceh Tenggara. Jurnal Pendidikan Tambusai.
Evander, W., Yuliana, Arwin, Nugroho, N., & Weny. (2022). Analisis Kedisiplinan Kerja di Perusahaan PT. Peta Rumah Medan.
Malayu SP. Hasibuan, 2013, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara, Jakarta.
Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2011. Manajemen Sumberdaya Manusia Perusahaan Cetakan ke-8.: Rosda Bandung.
Muis, M. R., & Hasibuan, J. S. (2021). Peranan Kinerja Pegawai: Disiplin Kerja dan Kepemimpinan. Seminar Nasional Teknologi Edukasi dan Humanoria.
Mulyani, S., & Noor, M. (2019). Peranan Disiplin Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Bagian Lapangan UPTD Terminal KM 6 Banjarmasin Pada Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Selatan. DINAMIKA EKONOMI Jurnal Ekonomi Bisnis.
Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (MIXED METHOD). Alfabeta, Bandung.
Oley, M. F., Nelwan, O. S., & Dotulong, L. O. (2022). PERAN DISIPLIN KERJA DAN MOTIVASI KERJA DALAM MENDORONG KINERJA KARYAWAN PT. EMPUNG JAYA ABADI. JURNAL EMBA VOL.10.
Ulfah, N. A. (2022). Analisis Disiplin Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada Glow Supermarket Banjarmasin. DINAMIKA EKONOMI Jurnal Ekonomi Bisnis.
Prasojo, R. J. (2016). Pengaruh perhatian orang tua dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 9(2), 1131–1149.
Asim, T. M. (2016). Pengaruh Bimbingan Manajemen Diri Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2(2), 105. https://doi.org/10.26858/est.v2i2.2563
Sugiarto, A. P., Suyati, T., & Yulianti, P. D. (2019). Faktor Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Kelas X Smk Larenda Brebes. Mimbar Ilmu, 24(2), 232.https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21279
Budi, Alfian Prasetya. 2014. Penerapan Disiplin dan Tanggung Jawab dalam PJOK Kelas 1 dan kelas IV SDN Percobaan 3. Vol. III. No. 15
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.