The Influence of Profitability, Company Size and Leverage on Company Value

Authors

  • Imam Hidayat University of Muhammadiyah Tangerang
  • Dwi Setia Wati University of Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.32493/eaj.v5i1.y2022.p60-71

Keywords:

firm value, profitability, firm size, leverage

Abstract

This study aims to explain the significance of the effect of profitability, company size and leverage partially on the value of property companies listed on the IDX. This study took a sample of 10 companies during the research period, namely 2018-2020 using the purposive sampling method with the criteria of sub-food & beverage manufacturing companies listed on the IDX during the 2018-2020 period . Sources of data used in this study is secondary data. Multiple linear regression is a data analysis technique used in this study. After testing, the results obtained that profitability and leverage partially have a significant effect on firm value, while the variable firm size does not affect the value of the company.

References

Dwiastuti, D. S., & Dillak, V. J. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kebijakan Hutang, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal ASET (Akuntansi Riset), 11(1), 137-146.

https://wartaekonomi.co.id/

https://www.idx.co.id/

Ichsan. 2013.Teori Keagenan (Agency Theory), 2013 (https://bungrandhy.wordpress.com/2013/01/12/teori-keagenan-agencytheory/)

Indarti, I., & Nurdhiana, N. (2021). PENGARUH LEVERAGE, PRICE EARNING RATIO, DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN LOGAM YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2017-2019. Dinamika Akuntansi Keuangan Dan Perbankan, 10(1), 62-75.

Irawati, W., Akbar, Z., Wulandari, R., & Barli, H. (2020). Analisis Profitabilitas, Leverage, Pertumbuhan Penjualan Dan Kepemilikan Keluarga Terhadap Penghindaran Pajak. JAK (Jurnal Akuntansi) Kajian Ilmiah Akuntansi, 7(2), 190-199.

Kasmir. (2010). profitabilitas. Pengertian Profitabilitas Menurut Para Ahli, 196.

Muharramah, R., & Hakim, M. Z. (2021, June). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL EKONOMI DAN BISNIS (pp. 569-576).

Muharramah, R., & Hakim, M. Z. (2021, June). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL EKONOMI DAN BISNIS (pp. 569-576).

Noerirawan, M. R., & Muid, A. (2012). Pengaruh faktor internal dan eksternal perusahaan terhadap nilai perusahaan (studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2007-2010). Diponegoro Journal of Accounting, 1(1), 582-593.

Rahayu, M., & Sari, B. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan. Ikraith-Humaniora, 2(1), 69-76.

Rudangga, I. G. N. G., & Sudiarta, G. M. (2016). Pengaruh ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan (Doctoral dissertation, Udayana University).

Setiawati, L. W., & Lim, M. (2018). Analisis Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Pengungkapan Sosial Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011--2015. Jurnal Akuntansi, 12(1).

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Suwardika, I., & Mustanda, I. (2017). Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Properti. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(3), 254488.

Syamsuddin, L. (2001). leverage. maxmancroe.com/vid/finansial/pengertian-leverage.html

Tommy, P., & Saerang, I. S. (2014). Struktur modal, ukuran perusahaan dan risiko perusahaan terhadap nilai perusahaan otomotif yang terdaftar di BEI. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(2).

Wulandari, N. M. I., & Wiksuana, I. G. B. (2017). Peranan Corporate Social Responsibility dalam memoderasi pengaruh profitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan (Doctoral dissertation, Udayana University).

Published

2022-09-19