REPRESENTASI MAKANAN OLEH YOUTUBER PENGULAS MAKANAN (TINJAUAN SYSTEMIC FUNCTIONAL LINGUISTICS)

Authors

  • Adam Muhammad Nur UNIVERSITAS PAMULANG

DOI:

https://doi.org/10.32493/efn.v6i1.25653

Keywords:

Youtube, Makanan, SFL, Representasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat penggunan kata kerja yang digunakan oleh pengulas makanan dengan menggunakan pendekatan linguistik fungsional untuk melihat representasi makanan yang diulas oleh youtuber makanan atau lebih sering disebut dengan foodvloger. Dari penelitian yang dilakukan dapat dilihat bahwa metode yang digunakan adalah metode kualitatif, Hasil penelitian menunjukkan bahwa dominasi yang terlihat dalam proses review makanan oleh youtuber adalah dengan menggunakan verba bentuk proses material, hal ini mneunjukkan bahwa penggunaan deskripsi yang berupa aksi banyak dilakukan oleh youtuber pengulas makanan ini kemudian proses relational attributive menempati posisi kedua dimana proses ini menunjukkan penggambaran makanan yang diulas oleh reviewer makanan ini dan yang ketiga adalah proses eksistensial yang menunjukkan bahwa reviewer ingin menunjukkan makananan secara jelas kepada penontonnya.

References

Chacon, Benjamin. 2019. The Ultimate Guide to Instagram Influencer Marketing. [darinchacong]. Diakses pada: https://later.com/blog/instagram-influencer-marketing.

Culler, J. D. 1976. Saussure. Hassocks: Harvester Press.

Saeed, J. 2003. Semantics: Second Edition. Oxford: Blackwell Publishing Ltd.

Eggins, Suzzane. 2004. An Introduction to Systemic Functional Linguistics 2nd edition. New York: Continuum International Publishing group.

Halliday, M.A.K dan J.R. Martin. 1993. Writing Science: Literacy and Discursive Power. Edisi Taylor dan Francis Group. London-Newyork: Routledge

Halliday, M.A.K. 1994. an Introduction to Functional Grammar. New York: Arnold.

Simpson, P. 2005. Language, Ideology and Point of View. New York: Routledge.

Martinez, I. A. 2001. Impersonality in the research Article as Revealed by Analysis of Transitivity. English for Specific Purposes, 227-247.

Martin, J.R. & White P.R.R. 2005. The Language of Evaluation: Appraisal in English: Palgrave Macmillan.

Moleong, L. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Creswell, J.W. 2008. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitatif and Qualitatif Research (Third Edition).

California: University of Nebrasca-Lincoln.

KBBI Daring. 2021. Diambil 28 Mei 2021, dari kbbi,kemdikbud.go.id/entri.

Downloads

Published

2022-11-18