MASKULINITAS DALAM IKLAN ROKOK: MITOS KAUM ADAM DALAM IKLAN GUDANG GARAM SIGNATURE “ANCAMAN BARU”

Authors

  • Moh Atikurrahman UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Syarifah Wardah el Firdausy UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Intan Ayu Linda UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32493/efn.v3i1.5225

Abstract

Tulisan ini bertendensi untuk membedah tabir setiap lapis semiotika iklan rokok. Iklan (rokok) diandaikan sebagai representasi dari relasi antara penanda dan petanda, bahkan yang dianggap tidak memiliki basis relasional sekalipun, bersejajar dengan ideologi yang dibawa dalam dirinya untuk kemudian membentuk sebuah tanda. Objek penelitian ini iklan rokok Gudang Garam Signature versi â€Ancaman Baru†(2019). Pendekatan semiologis Roland Barthes dijadikan sebagai alat bantu dengan maksud untuk menemukan makna denofatif, konotatif dan mitos di balik iklan. Metode kualitatif deskriptif dimanfaatkan sehingga menghasilkan deskripsi yang komprehensif. Kesimpulan awal penelitian adalah: rokok dan aktivitas merokok erat kaitannya dengan cara lelaki untuk merepresentasikan diri sebagai subjek yang rasional, pekerja keras, dan pasionet.

Kata kunci: Semiotika Visual, Iklan, Roland Barthes, Mitos Lelaki.

Downloads

Published

2020-05-30