NARASI DISTOPIA TERHADAP SEJARAH DALAM TRILOGI DIVERGENT KARYA VERONICA ROTH

Authors

  • Puri Bakthawar Universitas Pamulang
  • Sari Fitria Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/efn.v4i2.9409

Abstract

Popularitas novel-novel distopia yang muncul pada dekade 2000-an menjadi fenomena yang menarik untuk diteliti karena memungkinkan munculnya banyak wacana yang melingkupinya. Salah satu wacana yang muncul adalah narasi distopia terhadap sejarah. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis narasi distopia terhadap sejarah yang muncul dalam trilogi Divergent karya Veronica Roth sebagai salah satu representasi sastra distopia pada era 2000-an. Rumusan masalah dalam artikel ini terkait dengan bagaimana narasi distopia terhadap sejarah diwacanakan di dalam trilogi novel Divergent karya Veronica Roth. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah konsep politik distopia menurut Tom Moylan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa narasi sejarah dikonstruksi secara imajinatif, yang tidak selalu bersifat faktual. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa narasi distopia terhadap sejarah dikonstruksi sebagai kritik sosial politik atas situasi politik yang terjadi pada hari-hari ini.

Kata Kunci: Distopia, Sejarah, Trilogi Divergent, Veronica Roth.

References

Bakthawar, Puri. 2017. “Trilogi Divergent karya Veronica Roth: Pendekatan Teori Distopia Tom Moylan dan Posmodernisme Jean-Francois Lyotardâ€. Tesis di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Bakthawar, Puri, dan Fitria, Sari. 2021. "Narasi Politik Perempuan dalam Trilogi Divergent Karya Veronica Roth" dalam Prosiding The 10th National Online Seminar on Linguistics, Language Teaching and Literature Vol 1 No 1. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/NOSLLTL/article/view/9328

Moylan, Tom. 2000. Scraps of the Untainted Sky: Science Fiction, Utopia, Dystopia. Colorado: Westview Press.

Roth, Veronica. 2011. Divergent. New York: Katherine Tegen Books.

_______. 2012. Insurgent. New York: Katherine Tegen Books.

_______. 2013. Allegiant. New York. Katherine Tegen Books.

Suvin, Darko. 1998. “Utopianism from Orientation to Agency: What Are We Intellectuals Under Post-Fordism to Do?†dalam Utopian Studies 9.2 (1998).

Willans, Joel. 2014. "Dark Days: The Fascinating History of the Dystopian Novels." http://inktank.fi/darks-days-fascinating-history-dystopian-novel/

Downloads

Published

2021-02-02