Manajemen Kurikulum Dan Sistem Penilaian Pendidikan Satuan Pendidikan Kerjasama (Studi Empirik Pada Spk Kota Tangerang Selatan)
DOI:
https://doi.org/10.32493/eduka.v6i2.11075Abstract
ABSTRACT
This study aims to determine the curriculum management and educational assessment system of cooperative education units (SPK) or international schools empirically in South Tangerang City. The data collection techniques are carried out in three methods or ways, namely by observation, interviews, and documentation which focuses on data sources through informants, namely Principal (Principal), Teachers, and administrative staff to strengthen the validity of the data obtained. grading system for International Schools in South Tangerang City. The results of this study describe the differences between the Indonesian curriculum and the foreign curriculum as well as the differences in the value of the subjects in the cooperative education unit.
Keywords: management; curriculum; scoring system.
ABTRAK
Dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui manajemen kurikulum dan sistem penilaian pendidikan satuan pendidikan kerjasama (SPK) atau sekolah internasional secara empirik di Kota Tangerang Selatan. Adapun teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan tiga metode atau cara ialah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang menitik beratkan sumber data melalui informan yaitu Principal (Kepala Sekolah), Guru, serta tenaga administrasi guna menguatkan keabsahan data yang diperolehnya, Adapun fokus penelitiannya manajemen Kurikulum dan sistem penilaian Sekolah Internasional di Kota Tangerang Selatan. Adapun hasil dari penelitian ini menggambarkan tentang perbedaan antara kurikulum Indonesia serta Kurikulum Asing serta perbedaan akan nilai dari mata pelajaran yang berada pada satuan pendidikan kerjasama tersebut.
Kata kunci: manajemen; kurikulum; sistem penilaian
References
Ali, H.M. (2000). Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Cetakan ke-10. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Allen, Ansgar. (2018). The experience of education in Anglo-Saxon literature https://doi.org/10.1080/00071005.2018.1547502
Allejar, Muhammad. (2017). Pengaruh Implementasi Kebijakan Standar Proses Pendidikan terhadap Manajemen Kurikulum untuk Mewujudkan Efektivitas Pembelajaran. https:///H:/Jurnal/kajian%20implementasi%20standar%20proses.pdf
Anwar, Catur. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Upaya Peningkatan hasil Belajar Mahasiswa.
https://www.bing.com/profile/history?form=edgehs
Asep T.Y., (2012). Wajar Kebijakan Publik Untuk Pendidikan Orang Miskin. Bandung: Humaniora.
Dwi Risma A (2017). Peningkatan Profesionalisme Calon Guru Melalui PPL Berbasis Lesson Study , file:///H:/Jurnal/2.%20Jurnal.pdf
Griffin, R.W. (2000). Management, A.I.T.B.S Publishers & Distributor, New Delhi.
Henson, K.T. (2001). Curicculum Planning: Integrating Multiculturalism, Construction and Education Reform, New York: McGraw Hill.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (1996). Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Balai Pustaka.
Moleong, L.J., (2003). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda
Karya.Mudrick. R.G. (1986). Information System for Modern Management, Diterjemahkaan oleh J. Jamil. Jakarta: Erlangga.
Mulyasa, HE. (2011). Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep Strategi, dan Implementasi, Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Pidarta, M. (2011). Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Sofyan S. (2018). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam, Bandung: Arfino Raya.
Stoner J.A.F. (1994). Manajemen, Alih Bahasa oleh Alfonsus Sirait. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Bandung: Alfabeta.