Manajemen Kurikulum Dan Sistem Penilaian Pendidikan Satuan Pendidikan Kerjasama (Studi Empirik Pada Spk Kota Tangerang Selatan)

Authors

  • Supatmin Supatmin Pamulang University
  • Tosuerdi Tosuerdi UNU Cirebon
  • Hendi Suhendraya Muchtar Universitas Islam Nusantara
  • Nanang Hanafiah Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32493/eduka.v6i2.11075

Abstract

 

ABSTRACT

This study aims to determine the curriculum management and educational assessment system of cooperative education units (SPK) or international schools empirically in South Tangerang City. The data collection techniques are carried out in three methods or ways, namely by observation, interviews, and documentation which focuses on data sources through informants, namely Principal (Principal), Teachers, and administrative staff to strengthen the validity of the data obtained. grading system for International Schools in South Tangerang City. The results of this study describe the differences between the Indonesian curriculum and the foreign curriculum as well as the differences in the value of the subjects in the cooperative education unit.

Keywords: management; curriculum; scoring system.

 

ABTRAK

Dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui manajemen kurikulum dan sistem penilaian pendidikan satuan pendidikan kerjasama (SPK) atau sekolah internasional secara empirik di Kota Tangerang Selatan. Adapun teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan tiga metode atau cara ialah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang menitik beratkan sumber data melalui informan yaitu Principal (Kepala Sekolah), Guru, serta tenaga administrasi guna menguatkan keabsahan data yang diperolehnya, Adapun fokus penelitiannya manajemen Kurikulum dan sistem penilaian Sekolah Internasional di Kota Tangerang Selatan. Adapun hasil dari penelitian ini menggambarkan tentang perbedaan antara kurikulum Indonesia serta Kurikulum Asing serta perbedaan akan nilai dari mata pelajaran yang berada pada satuan pendidikan kerjasama tersebut.

Kata kunci: manajemen; kurikulum; sistem penilaian

Author Biography

Supatmin Supatmin, Pamulang University

Supatmin

Laki-laki

Gunungkidul, 26 Pebruari 1966

Menikah

 

References

Ali, H.M. (2000). Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Cetakan ke-10. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Allen, Ansgar. (2018). The experience of education in Anglo-Saxon literature https://doi.org/10.1080/00071005.2018.1547502

Allejar, Muhammad. (2017). Pengaruh Implementasi Kebijakan Standar Proses Pendidikan terhadap Manajemen Kurikulum untuk Mewujudkan Efektivitas Pembelajaran. https:///H:/Jurnal/kajian%20implementasi%20standar%20proses.pdf

Anwar, Catur. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Upaya Peningkatan hasil Belajar Mahasiswa.

https://www.bing.com/profile/history?form=edgehs

Asep T.Y., (2012). Wajar Kebijakan Publik Untuk Pendidikan Orang Miskin. Bandung: Humaniora.

Dwi Risma A (2017). Peningkatan Profesionalisme Calon Guru Melalui PPL Berbasis Lesson Study , file:///H:/Jurnal/2.%20Jurnal.pdf

Griffin, R.W. (2000). Management, A.I.T.B.S Publishers & Distributor, New Delhi.

Henson, K.T. (2001). Curicculum Planning: Integrating Multiculturalism, Construction and Education Reform, New York: McGraw Hill.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (1996). Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Balai Pustaka.

Moleong, L.J., (2003). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda

Karya.Mudrick. R.G. (1986). Information System for Modern Management, Diterjemahkaan oleh J. Jamil. Jakarta: Erlangga.

Mulyasa, HE. (2011). Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep Strategi, dan Implementasi, Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Pidarta, M. (2011). Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Sofyan S. (2018). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam, Bandung: Arfino Raya.

Stoner J.A.F. (1994). Manajemen, Alih Bahasa oleh Alfonsus Sirait. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Bandung: Alfabeta.

Additional Files

Published

15-09-2021

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.