Uji Kelayakan Validasi Praktisi Buku Panduan Praktik Kewirausahaan Pada Mahasiswa Program studi Pendidikan Ekonomi
DOI:
https://doi.org/10.32493/eduka.v6i2.12064Abstract
ABSTRACT
This study aims to determine the feasibility of practitioner validation of the product development of entrepreneurship practice guidebooks for students of the Pamulang University Economic Education study program. The approach used in this research is a quantitative approach. This research is part of the Borg & Gall development research procedure. The data analysis technique used by the researcher in this study is descriptive statistics. The results of the study which are the results of the feasibility test of expert practitioner validation get a score of 83.13 with very good criteria. In detail, it can be described as follows: 1). The content feasibility assessment indicator obtained a score of 84.62 with very good criteria; 2). The presentation feasibility assessment indicator obtained a score of 81.82 with very good criteria; 3). The indicator for the assessment of the presentation of practical book learning obtained a score of 82.50 with very good criteria; and 4). The indicator for the assessment of the benefit aspect obtained a score of 83.33 with very good criteria. The results of this study indicate that the validation of the feasibility of the practitioner of the entrepreneurship practice guidebook gets a very good category and is feasible to use.
Keywords: Practitioner Validity; Practice Handbook; Entrepreneurship
ABTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan validasi praktisi atas produk pengembangan buku panduan praktik kewirausahaan pada mahasiswa program studi Pendidikan ekonomi Universitas Pamulang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan bagian dari prosedur penelitian pengembangan Borg & Gall. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini yaitu statistik deskriptif. Hasil penelitian yang merupakan hasil uji kelayakan validasi ahli praktisi mendapatkan penilaian skor 83,13 dengan kriteria sangat baik. Secara rinci dapat dijabarkan sebagai berikut: 1). Indikator penilaian kelayakan isi memperoleh skor nilai 84,62 dengan kriteria sangat baik; 2). Indikator penilaian kelayakan penyajian memperoleh skor nilai 81,82 dengan kriteria sangat baik; 3). Indikator penilaian penyajian pembelajaran buku praktik memperoleh skor 82,50 dengan kriteria sangat baik; dan 4). Indikator penilaian aspek manfaat memperoleh skor 83,33 dengan kriteria sangat baik. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa validasi kelayakan praktisi buku panduan praktik kewirausahaan mendapatkan kategori sangat baik dan layak untuk digunakan.
Kata kunci: Validitas Praktisi; Buku Panduan Praktik; Kewirausahaan
References
abdillah, K., & Hamami, T. (2021). Pengembangan Kurikulum Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad Ke 21 Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 4(1). Https://Doi.Org/10.32529/Al-Ilmi.V4i1.895
Andriani, W. (2020). Pentingnya Perkembangan Pembaharuan Kurikulum dan Permasalahannya. Universitas Lambung Mangkurat.
Farozin, M., & Kurniawan, L. (2019). Developing Learning Guidance and Counseling Program Based on Social and Emotional Learning in Senior High School. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 47. https://doi.org/10.17977/um001v4i22019p047
Kusworo, K., & Rahayu, P. Y. (2020). Analisis Valididtas Isi Produk Pengembangan Modul Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Project Based Learning. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora, 3(2). https://doi.org/10.33753/madani.v3i2.124
Muhammad Ergi Revian, RA Murti Kusuma, & Kunto Imbar Nursetyo. (2020). Pengembangan Buku Panduan Praktik Produksi Besar Pada Mata Kuliah Pengembangan Media Video Di Prodi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 3(1). https://doi.org/10.21009/jpi.031.04
Nasir, A., & Nazihah, Z. (2020). Pengembangan buku panduan guru berbasis penemuan terbimbing pada materi statistika siswa SMP. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 5(1), 20. https://doi.org/10.29100/jp2m.v5i1.1733
Reza Ardiansyah1, A.D. Corebima2, F. R. (2017). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar. In Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Perubahan Materi Genetik pada Matakuliah Genetika di Universitas Negeri Malang (Vol. 2016).
Rudy, R. (2015). Kedudukan Dan Arti Penting Pembukaan Uud 1945. Fiat Justisia:Jurnal Ilmu Hukum, 7(2). https://doi.org/10.25041/fiatjustisia.v7no2.371
Sagita, D., Sutiarso, S., & Asmiati, A. (2020). Pengembangan LKPD Pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.309
Wedan, M. (2016). Pengertian Pendidikan dan Tujuan Pendidikan Secara Umum. Silabus.