Pengaruh Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Kemandirian Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa

Authors

  • Fika Rahmanita {(SCOPUS ID :57191961704); (Scholar ID : r23peXoAAAAJ); (Sinta ID : 5983489)}, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/eduka.v7i2.19398

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh TIK terhadap prestasi belajar pada mahasiswa (2) Mengetahui pengaruh kemandirian terhadap prestasi belajar pada mahasiswa (3) Mengetahui pengaruh secara simultan antara TIK dan kemandirian terhadap prestasi belajar pada mahasiswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas  yaitu TIK dan kemandirian  serta variabel terikat prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang berjumlah 173 mahasiswa dengan jumlah sampel 120 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan cara studi dokumen nilai, kuesioner dan studi literatur. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Tidak terdapat pengaruh  TIK terhadap prestasi belajar. (2) Terdapat pengaruh  kemandirian terhadap prestasi belajar. (3) Terdapat pengaruh secara simultan antara TIK dan kemandirian terhadap prestasi belajar. Penggunaan TIK memiliki hubungan yang positif langsung dengan keterlibatan mahasiswa dalam kemandirian belajarnya yang akan membantu untuk meningkatkan prestasi belajar.

Author Biography

Fika Rahmanita, {(SCOPUS ID :57191961704); (Scholar ID : r23peXoAAAAJ); (Sinta ID : 5983489)}, Universitas Pamulang

References

Arifin, M., Dardiri, A., & Handayani, A. N. (2016). Hubungan kemampuan penyesuaian diri dan pola berpikir dengan kemandirian belajar serta dampaknya pada prestasi akademik mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(10), 1943-1951.

Azhari, A. D., & Yanto, H. (2015). Determinan Prestasi Belajar Ekonomi Kelas X Dengan Kemandirian Belajar Sebagai Variabel Mediator (Studi Kasus di SMAN 7 Semarang). Economic Education Analysis Journal, 4(3).

Carson, E. H. (2012). Self-directed learning and academic achievement in secondary online students (Doctoral dissertation, The University of Tennessee at Chattanooga).

Creswell, J. W. (2012). Educational research: planning. Conducting, and Evaluating, 260, 375-382.

Darimi, I. (2017). Information And Communication Technologies Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Efektif Era Teknologi Informasi. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 111-121.

Darmawan, D., & Fauzi, K. N. (2013). Sistem Informasi Manajemen, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Djamarah, S. B. (1994). Prestasi belajar dan kompetensi guru.

Elfika, E., Tandi, H. Y., & Firmansyah, A. PENGGUNAAN BUKU PAKET TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN INPRES I TONDO. Jurnal Dikdas, 2(2).

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM 23 SPSS. Semarang: BPFE Universitas Diponogoro.

Gunadi, C. L., & Gunawan, W. (2014). Hubungan Motivasi Akademik dengan Prestasi Belajar Siswa SMA ‘X’di Jakarta Barat. dalam Jurnal NOETIC Psychology, 4(1), 23-42.

Hatlevik, O. E., Throndsen, I., Loi, M., & Gudmundsdottir, G. B. (2018). Students’ ICT self-efficacy and computer and information literacy: Determinants and relationships. Computers & Education, 118, 107-119.

Isjoni, I. A., & Rosnaini, M. (2009). ICT untuk sekolah unggul. Pustaka Pelajar.

Izzaty, R. E., Ayriza, Y., & Setiawati, F. A. (2017). Prediktor prestasi belajar siswa kelas 1 sekolah dasar. Jurnal Psikologi, 44(2), 153-164.

Jamun, Y. M. (2018). Dampak teknologi terhadap pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48-52.

Jatihasmoro, B. Raditya. 2018. Pengaruh Penggunaan Internet Untuk Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Di Universitas Pertamina. Laporan Penelitian.

Komarudin. 2012. Modul Strategi Pengajaran Pkn. Tangerang Selatan: Semar P.S.P

Kop, R. (2011). The challenges to connectivist learning on open online networks: Learning experiences during a massive open online course. International Review of Research in Open and Distributed Learning, 12(3), 19-38.

Kuncoro, H. (2008). Statistika deskriptif untuk manager.

Latipah, E. (2010). Strategi self regulated learning dan prestasi belajar: kajian meta analisis. Jurnal psikologi, 37(1), 110-129.

Munir, D., & IT, M. (2009). Pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Bandung: Alfabeta, 24.

Nalindra, R., Latif, S., & Utaminingsih, D. (2013). Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa dengan Menggunakan Layanan Konseling Kelompok. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 2(2).

Numan, S. M. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Purnomo, R. A. (2016). Analisis statistik ekonomi dan bisnis dengan SPSS. CV. Wade Group bekerjasama dengan UNMUH Ponorogo Press.

Ramli, N., Muljono, P., & Afendi, F. M. (2018). Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap self directed learning readiness dan prestasi akademik. Jurnal Kependidikan, 2(1), 153-166.

Ranti, M. G., Budiarti, I., & Trisna, B. N. (2017). Pengaruh kemandirian belajar (self regulated learning) terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah struktur aljabar. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 75-83.

Rashid, T., & Asghar, H. M. (2016). Technology use, self-directed learning, student engagement and academic performance: Examining the interrelations. Computers in Human Behavior, 63, 604-612.

Rusman. 2016. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.

Salomon, A., & Kolikant, Y. B. D. (2016). High-school students’ perceptions of the effects of non-academic usage of ICT on their academic achievements. Computers in Human Behavior, 64, 143-151.

Senkbeil, M. (2018). Development and validation of the ICT motivation scale for young adolescents. Results of the international school assessment study ICILS 2013 in Germany. Learning and Individual Differences, 67, 167-176.

Sisdiknas, U. U. (2013). Permendiknas Nomor 20 Tahun 2003. Bandung: Fokusmedia.

Sudibyo, L. (2011). Peranan dan dampak teknologi informasi dalam dunia pendidikan di Indonesia. Widyatama, 20 (2), 175–185.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&d dan Penelitian Pendidikan). Metode Penelitian Pendidikan.

Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan, PT Remaja Rosdakarya.

Syah, M. (2012). Psikologi Belajar (Cetakan ke-12). Jakarta: Rajawali Pers.

Syahputra, D. (2017). Pengaruh kemandirian belajar dan bimbingan belajar terhadap kemampuan memahami jurnal penyesuaian pada siswa SMA Melati Perbaungan. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, 2(2), 368-388.

Warsita, B. (2008). Teknologi pembelajaran landasan dan aplikasinya.

Warsita, B. (2011). Pendidikan Jarak Jauh: perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi diklat. Remaja Rosdakarya.

Additional Files

Published

26-08-2022

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.