Meta-Analisis: Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

Authors

  • Johan Syahbrudin Universitas Pamulang
  • Anita Anggraini Universitas Pamulang
  • Kustitik Kustitik Universitas Pamulang
  • Fitriyah Fitriyah Universitas Pamulang
  • Ratna Wahyu Wulandari Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Eka Ary Wibawa Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32493/eduka.v8i1.29216

Abstract

Salah satu media untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah dengan menggunakan multimedia interaktif. Banyak penelitian yang telah membahas tentang efektivitas dari penggunaan multimedia interaktif ini. Oleh sebab itu, perlu adanya penelitian meta-analisis guna memperoleh ringkasan suatu hasil penelitian tentang pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan model literature review dengan metode metaanalisis korelasi yang terfokus pada pembelajaran fisika. Sampel penelitian ini berjumlah 21 artikel penelitian di Indonesia yang memenuhi semua kriteria yang diperlukan dalam studi meta analisis, baik dari segi desain penelitian, ketersediaan data atau informasi, dan tujuan penelitian. Hasil studi meta analisis ini memberikan informasi bahwa terdapat pengaruh positif dari penggunaan multimedia interaktif terhadap hasil belajar fisika, tapi pengaruh ini dalam kategori sedang dengan rata-rata effect size 0,746. Perolehan agregat effect size tersebut juga dirasa sudah cukup karena tidak ada bias publikasi hasil studi meta-analisis. Hasil penelitian ini juga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi para pendidik fisika di Indonesia supaya dapat memanfaatkan multimedia interaktif sebagai salah satu variasi pembelajaran dan untuk meningkatkan hasil belajar.

Kata Kunci: Meta-Analisis, Multimedia Interaktif, Hasil Belajar

References

Abbas, M. L. H. (2019). Penerapan Animasi Macromedia Flash untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Fisika pada Materi Tekanan. Ed-Humanistics, 4(1), 509–517.

Agustina, M., Sesunan, F., & Ertikanto, C. (2017). Pengaruh Implementasi Media

Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash terhadap Hasil Belajar pada

Materi Hukum Newton Tentang Gravitasi. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(5), 11–19.

Amirudin. (2020). Keefektifan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbasis

Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Fluida

Dinamis di SMA Negeri 5 Kota Ternate. Seminar Nasional Fisika 2020, 32–35.

Anomeisa, A. B., & Ernaningsih, D. (2020). Media Pembelajaran Interaktif menggunakan

PowerPoint VBA pada Penyajian Data Berkelompok. Jurnal Pendidikan Matematika

Raflesia, 5(1), 17–31. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i1.10635

Borenstein, M., Hedges, L. V., Higgins, J. P. T., & Rothstein, H. R. (2009). Introduction to

Meta-Analysis (1st ed.). A John Wiley and Sons, Ltd.

Candra, O., Elfizon, Islami, S., & Yanto, D. T. P. (2020). Penerapan Multimedia Interaktif

Power Point pada Mata Diklat Dasar dan Pengukuran Listrik. CIRCUIT: Jurnal

Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 4(2), 87–95. https://doi.org/10.22373/

crc.v4i2.6660

Cohen, J. (1988). Statistical Power Analysis for the Behavioral Sciences (2nd ed.). Lawrence Erlbaum Associates.

Dasmo, Lestari, A. P., & Alamsyah, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Fisika Melalui

Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Ispring Suite 9. Prosiding Seminar

Nasional Sains, 99–102.

Dhaniawaty, R. P., Suci, A. L., & Hardiyana, B. (2021). Aplikasi Pembelajaran

Multimedia Interaktif Mata Pelajaran IPA Mengenai Sistem Pencernaan Manusia

untuk Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Teknologi Dan Informasi (JATI), 11(2), 183–194.

https://doi.org/10.34010/jati.v11i2

Doyan, A., Gunawan, & Subki. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Fisika

Melalui Pendekatan Saintifik dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar dan

Keterampilan Generik Sains Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Fisika

Indonesia, 1(1), 6–16.

Erfan, M., Widodo, A., Umar, U., Radiusman, R., & Ratu, T. (2020). Pengembangan

Game Edukasi Kata Fisika Berbasis Android untuk Anak Sekolah Dasar pada Materi

Konsep Gaya. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(1), 31–46.

https://doi.org/10.31849/lectura.v11i1.3642

Fahrudin, A., & Maryam, E. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran

Interaktif terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMAN 1 Musi Rawas. Pedagogika

Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 1(1), 60–64.

Fauziah, L. R., Jalinus, N., & S, W. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media

Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash CS6. AL MURABBI: Jurnal

Pendidikan Agama Islam, 5(1), 1–7.

Ferdiansyah, H., Haling, A., & H, N. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif dalam

Pembelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. Indonesia Journal of Learning

Education and Counseling, 3(2), 148–155. https://doi.org/10.31960/ ijolec. v3i2.879

Harahap, L. K., & Siregar, A. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif

Berbasis Adobe Flash CS6 untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar pada

Materi Kesetimbangan Kimia. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 10(1), 1910–1924.

https://doi.org/10.26740/jpps.v10n1.p1910-1924

Hunter, J. E., & Schmidt, F. L. (2004). Methods of Meta-Analysis Correcting Error and

Bias in Research Findings (2nd ed.). Sage Publications, Inc.

Irwanto. (2017). Penggunaan Smartphone dalam Pembelajaran Kimia SMA. Journal for

Islamic Social Sciences, 2(1), 81–87.

Ismail, A., & Gumilar, S. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Multimedia

Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa

SMK. Jurnal PETIK, 5(2), 9–17.

Kahfi, M., Srirahayu, E., & Nurparida. (2021). Penerapan Multimedia Interaktif untuk

Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA.

Jurnal PETIK, 7(1), 63–70.

Manurung, P. (2020). Multimedia Interaktif sebagai Media Pembelajaran pada Masa

Pandemi Covid 19. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 14(1), 1–12.

Mariko, S. (2014). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif

terhadap Hasil Belajar Fisika pada Materi Optika Geometri. Jurnal Formatif, 4(2),

–139.

Mazlina, H., & Annisa, F. (2018). Penggunaan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran

Konsep Fluida di Kelas XI MAN Banda Aceh I. Jurnal Phi: Jurnal Pendidikan Fisika

Dan Fisika Terapan, 1, 11–17.

Mustofa, Z. (2018). Pengaruh Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Remedial untuk

Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika. Jurnal TEKNODIK, 22(2), 121–132.

Noviano, F. G., & Widodo, S. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Pokok

Elastisitas dan Hukum Hooke Mata Pelajaran Fisika untuk Siswa Kelas XI IPA di

SMA Negeri 1 Driyorejo Gresik. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 9(2).

Prambudi, E. Y., & Yunianta, T. N. H. (2020). Pengembangan Media Bus Race Algebra

pada Materi Bentuk Aljabar untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal

Pendidikan Matematika, 4(1), 8–22. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.150

Priyanto, W. (2016). Penerapan Multimedia Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing dalam

Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 3(2), 120–

https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i2.4252

Purwanto, Syukran, & Syaiful. (2013). Efektifitas Remediasi Menggunakan Multimedia

Interaktif Listrik Dinamis dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA

Negeri 1 Sebawi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(4).

Rahmawati, A. S. (2019). Penggunaan Multimedia Interaktif (MMI) sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika. Pancasakti Science

Education Journal, 4(1), 7–17.

Sani, L. N., Rahayu, S., & Hikmawati. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Direct

Instruction dengan Media Macromedia Flash terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas XI

SMAN 1 Kopang. J. Pijar MIPA, 13(1), 13–18.

Sare, Y. G., & Budhi, W. (2018). Pengaruh Media Macromedia Flash terhadap Prestasi

Belajar Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-COMPTON, 5(1), 37–42.

Siregar, J., Novika, S., & Dewi, R. M. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Fisika

Menggunakan Macromedia Flash. Jurnal Ilmu Pendidikan(JIP), 1(2), 50–53.

Susanto, R., Zulkarnain, A., & Lubis, P. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Fisika

Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Software Adobe Flash CS3

Professional terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA PGRI Pangkalan Kersik

Tungkal Jaya. Prosiding Seminar Nasional 21 Universitas PGRI Palembang, 515–

Syahbrudin, J. (2018). Multimedia Interaktif Berbasis Karakter sebagai Upaya Peningkatan

Nilai-Nilai Karakter dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. CESS (Journal of

Computer Engineering System and Science), 3(1), 7–13.

https://doi.org/10.24114/cess.v3i1.8322

Tampubolon, T., Selani, Y. B. D., & Sembiring, E. B. (2019). Pengaruh Model Problem

Based Learning Berbantu Macromedia Flash terhadap Hasil Belajar Siswa pada

Materi Pokok Fluida Statis di Kelas X-MIA Semester II MAN Binjai. Jurnal Inovasi

Pembelajaran Fisika, 8(1), 77–83.

Wiyono, K., Liliasari, Setiawan, A., & Paulus, C. T. (2012). Model Multimedia Interaktif

Berbasis Gaya Belajar untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Pendahuluan Fisika

Zat Padat. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8, 74–82.

Zhang, S., Huang, H., Wu, Q., Li, Y., & Liu, M. (2019). The impacts of family treatment

drug court on child welfare core outcomes: A meta-analysis. Child Abuse & Neglect,

, 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.chiabu.2018.10.014

Additional Files

Published

25-02-2023

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.