Meta-Analisis: Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.32493/eduka.v8i1.29216Abstract
Salah satu media untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah dengan menggunakan multimedia interaktif. Banyak penelitian yang telah membahas tentang efektivitas dari penggunaan multimedia interaktif ini. Oleh sebab itu, perlu adanya penelitian meta-analisis guna memperoleh ringkasan suatu hasil penelitian tentang pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan model literature review dengan metode metaanalisis korelasi yang terfokus pada pembelajaran fisika. Sampel penelitian ini berjumlah 21 artikel penelitian di Indonesia yang memenuhi semua kriteria yang diperlukan dalam studi meta analisis, baik dari segi desain penelitian, ketersediaan data atau informasi, dan tujuan penelitian. Hasil studi meta analisis ini memberikan informasi bahwa terdapat pengaruh positif dari penggunaan multimedia interaktif terhadap hasil belajar fisika, tapi pengaruh ini dalam kategori sedang dengan rata-rata effect size 0,746. Perolehan agregat effect size tersebut juga dirasa sudah cukup karena tidak ada bias publikasi hasil studi meta-analisis. Hasil penelitian ini juga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi para pendidik fisika di Indonesia supaya dapat memanfaatkan multimedia interaktif sebagai salah satu variasi pembelajaran dan untuk meningkatkan hasil belajar.
Kata Kunci: Meta-Analisis, Multimedia Interaktif, Hasil Belajar
References
Abbas, M. L. H. (2019). Penerapan Animasi Macromedia Flash untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Fisika pada Materi Tekanan. Ed-Humanistics, 4(1), 509–517.
Agustina, M., Sesunan, F., & Ertikanto, C. (2017). Pengaruh Implementasi Media
Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash terhadap Hasil Belajar pada
Materi Hukum Newton Tentang Gravitasi. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(5), 11–19.
Amirudin. (2020). Keefektifan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbasis
Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Fluida
Dinamis di SMA Negeri 5 Kota Ternate. Seminar Nasional Fisika 2020, 32–35.
Anomeisa, A. B., & Ernaningsih, D. (2020). Media Pembelajaran Interaktif menggunakan
PowerPoint VBA pada Penyajian Data Berkelompok. Jurnal Pendidikan Matematika
Raflesia, 5(1), 17–31. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i1.10635
Borenstein, M., Hedges, L. V., Higgins, J. P. T., & Rothstein, H. R. (2009). Introduction to
Meta-Analysis (1st ed.). A John Wiley and Sons, Ltd.
Candra, O., Elfizon, Islami, S., & Yanto, D. T. P. (2020). Penerapan Multimedia Interaktif
Power Point pada Mata Diklat Dasar dan Pengukuran Listrik. CIRCUIT: Jurnal
Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 4(2), 87–95. https://doi.org/10.22373/
crc.v4i2.6660
Cohen, J. (1988). Statistical Power Analysis for the Behavioral Sciences (2nd ed.). Lawrence Erlbaum Associates.
Dasmo, Lestari, A. P., & Alamsyah, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Fisika Melalui
Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Ispring Suite 9. Prosiding Seminar
Nasional Sains, 99–102.
Dhaniawaty, R. P., Suci, A. L., & Hardiyana, B. (2021). Aplikasi Pembelajaran
Multimedia Interaktif Mata Pelajaran IPA Mengenai Sistem Pencernaan Manusia
untuk Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Teknologi Dan Informasi (JATI), 11(2), 183–194.
https://doi.org/10.34010/jati.v11i2
Doyan, A., Gunawan, & Subki. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Fisika
Melalui Pendekatan Saintifik dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar dan
Keterampilan Generik Sains Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Fisika
Indonesia, 1(1), 6–16.
Erfan, M., Widodo, A., Umar, U., Radiusman, R., & Ratu, T. (2020). Pengembangan
Game Edukasi Kata Fisika Berbasis Android untuk Anak Sekolah Dasar pada Materi
Konsep Gaya. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(1), 31–46.
https://doi.org/10.31849/lectura.v11i1.3642
Fahrudin, A., & Maryam, E. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran
Interaktif terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMAN 1 Musi Rawas. Pedagogika
Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 1(1), 60–64.
Fauziah, L. R., Jalinus, N., & S, W. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media
Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash CS6. AL MURABBI: Jurnal
Pendidikan Agama Islam, 5(1), 1–7.
Ferdiansyah, H., Haling, A., & H, N. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif dalam
Pembelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. Indonesia Journal of Learning
Education and Counseling, 3(2), 148–155. https://doi.org/10.31960/ ijolec. v3i2.879
Harahap, L. K., & Siregar, A. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif
Berbasis Adobe Flash CS6 untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar pada
Materi Kesetimbangan Kimia. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 10(1), 1910–1924.
https://doi.org/10.26740/jpps.v10n1.p1910-1924
Hunter, J. E., & Schmidt, F. L. (2004). Methods of Meta-Analysis Correcting Error and
Bias in Research Findings (2nd ed.). Sage Publications, Inc.
Irwanto. (2017). Penggunaan Smartphone dalam Pembelajaran Kimia SMA. Journal for
Islamic Social Sciences, 2(1), 81–87.
Ismail, A., & Gumilar, S. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Multimedia
Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa
SMK. Jurnal PETIK, 5(2), 9–17.
Kahfi, M., Srirahayu, E., & Nurparida. (2021). Penerapan Multimedia Interaktif untuk
Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA.
Jurnal PETIK, 7(1), 63–70.
Manurung, P. (2020). Multimedia Interaktif sebagai Media Pembelajaran pada Masa
Pandemi Covid 19. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 14(1), 1–12.
Mariko, S. (2014). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif
terhadap Hasil Belajar Fisika pada Materi Optika Geometri. Jurnal Formatif, 4(2),
–139.
Mazlina, H., & Annisa, F. (2018). Penggunaan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran
Konsep Fluida di Kelas XI MAN Banda Aceh I. Jurnal Phi: Jurnal Pendidikan Fisika
Dan Fisika Terapan, 1, 11–17.
Mustofa, Z. (2018). Pengaruh Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Remedial untuk
Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika. Jurnal TEKNODIK, 22(2), 121–132.
Noviano, F. G., & Widodo, S. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Pokok
Elastisitas dan Hukum Hooke Mata Pelajaran Fisika untuk Siswa Kelas XI IPA di
SMA Negeri 1 Driyorejo Gresik. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 9(2).
Prambudi, E. Y., & Yunianta, T. N. H. (2020). Pengembangan Media Bus Race Algebra
pada Materi Bentuk Aljabar untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal
Pendidikan Matematika, 4(1), 8–22. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.150
Priyanto, W. (2016). Penerapan Multimedia Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing dalam
Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 3(2), 120–
https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i2.4252
Purwanto, Syukran, & Syaiful. (2013). Efektifitas Remediasi Menggunakan Multimedia
Interaktif Listrik Dinamis dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA
Negeri 1 Sebawi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(4).
Rahmawati, A. S. (2019). Penggunaan Multimedia Interaktif (MMI) sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika. Pancasakti Science
Education Journal, 4(1), 7–17.
Sani, L. N., Rahayu, S., & Hikmawati. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Direct
Instruction dengan Media Macromedia Flash terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas XI
SMAN 1 Kopang. J. Pijar MIPA, 13(1), 13–18.
Sare, Y. G., & Budhi, W. (2018). Pengaruh Media Macromedia Flash terhadap Prestasi
Belajar Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-COMPTON, 5(1), 37–42.
Siregar, J., Novika, S., & Dewi, R. M. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Fisika
Menggunakan Macromedia Flash. Jurnal Ilmu Pendidikan(JIP), 1(2), 50–53.
Susanto, R., Zulkarnain, A., & Lubis, P. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Fisika
Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Software Adobe Flash CS3
Professional terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA PGRI Pangkalan Kersik
Tungkal Jaya. Prosiding Seminar Nasional 21 Universitas PGRI Palembang, 515–
Syahbrudin, J. (2018). Multimedia Interaktif Berbasis Karakter sebagai Upaya Peningkatan
Nilai-Nilai Karakter dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. CESS (Journal of
Computer Engineering System and Science), 3(1), 7–13.
https://doi.org/10.24114/cess.v3i1.8322
Tampubolon, T., Selani, Y. B. D., & Sembiring, E. B. (2019). Pengaruh Model Problem
Based Learning Berbantu Macromedia Flash terhadap Hasil Belajar Siswa pada
Materi Pokok Fluida Statis di Kelas X-MIA Semester II MAN Binjai. Jurnal Inovasi
Pembelajaran Fisika, 8(1), 77–83.
Wiyono, K., Liliasari, Setiawan, A., & Paulus, C. T. (2012). Model Multimedia Interaktif
Berbasis Gaya Belajar untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Pendahuluan Fisika
Zat Padat. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8, 74–82.
Zhang, S., Huang, H., Wu, Q., Li, Y., & Liu, M. (2019). The impacts of family treatment
drug court on child welfare core outcomes: A meta-analysis. Child Abuse & Neglect,
, 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.chiabu.2018.10.014