Analisis Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Mahasiswa Universitas Pamulang di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Haidilia Maharani Universitas Pamulang
  • Derizka Inva J Universitas Pamulang
  • R.R. Mardiana Yulianti Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/eduka.v8i1.29218

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak yang dirasakan mahasiswa Universitas Pamulang terhadap kebijakan pembelajaran jarak jauh/daring dan untuk mengetahui dampak mana yang paling dominan, apakah dampak positif atau dampak negatif. Metode penelitian yang dipilih untuk penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian ilmiah yang bertujuan untuk memahami suatu fenomena dalam konteks sosial secara alamiah dengan mengedepankan proses interaksi komunikasi yang mendalam antara peneliti dengan fenomena yang diteliti Adapun metode pemilihan informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara serta observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dampak yang paling dirasakan oleh mahasiwa atas kebijakan pembelajaran jarak jauh/daring adalah dampak negatif, yaitu materi yang disampaikan dosen kurang optimal diserap atau dimengerti dan mahasiswa merasakan gangguan pada mata karena selalu menatap layar HP dalam jangka waktu yang lama. Kata Kunci : Pembelajaran jarak jauh; dampak pembelajaran jarak jauh; pandemi Covid-19

References

Armani, Mela. 2020. 20 Negara dengan kasus Aktif Corona Tertinggi, Indonesia peringkat

Diakses di https://www.kompas.com/tren/read/2020/09/28/190000965/20-

negara-dengan-kasus-aktif-corona-tertinggi-indonesia-nomor-14?page=all

Bisri, H.,2013, Landasan Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia.

Center for Indonesian Policies Studies, 2020. Mengkaji Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh.

diakses di https://repository.cips-indonesia.org/media/309163-mengkajihambatan-pembelajaran-jarak-jau-99409337.pdf

Khasanah DRAU, Pramudibyanto H, Widuroyekti B. Pendidikan Dalam Masa Pandemi

COVID-19. J Sinestesia [Internet]. 2020;10(1):41–8. Available from:

https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/44

Moleong, Lexy J, 2012, Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi, Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Nuraini, Listiyo, 2020. Studi Literatur: Dampak Dan Pertumbuhan Media Pembelajaran

Online Sebagai Solusi Pendidikan Di Masa Covid-19. Jurnal Universitas Trunojoyo

Madura. 1-7

Pittara, 2022, Definisi Virus Corona. Diakses di https://www.alodokter.com/virus-corona.

Sekretariat GTK. 2020. Kebijakan Kemendikbud di Masa Pandemi. Diakses di

https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/kebijakan-kemendikbud-di-masa-pandemi

Wahyudin D, Karim A, Saepurrohman A. Pengelolaan Pembelajaran Jarak Jauh : Kajian

Dasar Hukum dan Respon Mahasiswa. Digit Libr UIN Sunan Gunung Jati [Internet].

;1–11. Available from: http://digilib.uinsgd.ac.id/30652

Additional Files

Published

25-02-2023

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.