Pola Komunikasi Guru Dalam Mengatasi Faktor Penghambat Komunikasi Pada Anak Autisme Dengan Sesama Teman Sekolah (Studi kasus pada Guru di Sekolah Khusus Al-Ihsan 02 Kota Cilegon)

Authors

  • Dony Mahendra STIKes Widya Dharma Husada

DOI:

https://doi.org/10.32493/eduka.v8i1.29219

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi guru dalam mengatasi faktor penghambat komunikasi pada anak autisme dengan sesama teman sekolah di Sekolah Khusus Al-Ihsan 02 Kota Cilegon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan pedoman wawancara. Informan dalam penelitian ini merupakan guru di Sekolah Khusus Al-Ihsan 02 Kota Cilegon dan seorang Psikolog Anak. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa (1) pola komunikasi guru untuk mengatasi faktor penghambat komunikasi yaitu dengan cara mewawancarai orang tua terlebih dahulu agar guru mengetahui pola dan identifikasi dari permasalahan si anak. (2) Hambatan komunikasi yaitu respon komunikasi yang minim karena anak autisme kurang rasa percaya diri dalam menyesuaikan dengan lingkungan baru, sulit untuk memusatkan fokus/perhatian karena anak lebih asyik dengan dunianya sendiri, frekuensi komunikasi yang rendah dikarenakan (3) strategi komunikasi guru dalam mengatasi faktor penghambat berkomunikasi adalah dengan menggunakan 5 tahapan : (a) kontak, (b) keterlibatan, (c) keakraban, (d) perusakan, dan (e) pemutusan. guru harus memberikan pertanyaan agar anak tidak pasif, dan guru harus pro aktif dalam bertanya kepada orang tua atau pengasuh si anak agar anak mau memulai komunikasi.
Kata kunci : pola komunikasi; faktor penghambat komunikasi; anak autisme

References

Achmad, Ardan, and Jordan Jeremy. 2019. “Pola Komunikasi Terapis Guru Pada Anak Autis

Di Special School Spectrum.†Jurnal Pustaka Komunikasi 2(2):194–208.

Boham, Sicillya E. 2013. “Pola Komunikasi Orang Tua Dengan Anak Autis (Studi Pada

Orang Tua Dari Anak Autis Di Sekolah Luar Biasa AGCA Center Pumorow

Kelurahan Banjer Manado).†Journal II(4).

Christopher, Sunu. 2012. Unlocking Autism. Yogyakarta: Lintangterbit.

Creswell, John W. 2014. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Devito, Joseph. 1998. Komunikasi Antarmanusia, Edisi Kelima. (Judul Asli: Human

Communication). Jakarta: Professional Books.

Doddy Mulyono. 2003. Metodologi Penenlitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Ibrahim. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Komariah, Aan, and Satori Djam’an. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV.

Alfabeta.

Mansur. 2016. “Hambatan Komunikasi Anak Autis.†Al-Munzir 9(1):80–96.

Moleong, Lexy. J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT.

Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2002. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Paul, Rhea. 2008. “Interventions to Improve Communication in Autism.†Child Adolesc

Psychiatric Clin N Am 17(835 – 856).

Prastowo, Andi. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan

Penelitian. Yogyakarta: Ar-ruzzmedia.

Rachmayana, Dadan. 2013. Menuju Anak Masa Depan Yang Inklusif. Jakarta: PT. Luxima

Metro Media.

Rahman Hakim, Uky Firmansyah, and Rima Fadillah. 2020. “Anak Autis Sebagai Mad’u

Dakwah: Analisis Komunikasi Interpersonal.†Jurnal Ilmu Dakwah 40(2):87. doi:

21580/jid.v40.2.4702.

Ritonga, Syaira Arlizar, and Effiati Juliana Hasibuan. 2016. “Komunikasi Interpersonal

Guru Dan Siswa Dalam Mengembangkan Bakat Dan Kreativitas Anak Autis Di SLB

Taman Pendidikan Islam (TPI) Medan.†Jurnal Simbolika 2(2).

Sastra, Gusdi. 2011. Neurolinguistik : Suatu Pengantar / Gusdi Sastra. Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif Untuk Penelitian Yang Bersifat Eksploratif,

Enterpretif, Interaktif, Dan Konstruktif. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. 2019. METODE PENENLITIAN KUANTITATIF KUALITATIF DAN R&D.

Kedua. edited by Sutopo. Bandung: Alfabeta.

Wijayaptri, Ni Wayan Primanovenda. 2015. “Hambatan Komunikasi Pada Penyandang

Autisme Remaja: Sebuah Studi Kasus.†Inklusi 2(1).

Yanti, Nurmi, Husnul Bahri, and Septi Fitriana. 2020. “Pelaksananan Terapi Wicara Dalam

Menstimulasi Kemampuan Berkomunikasi Anak Autis Usia 5-6 Tahun Di SLB Autis

Center Kota Bengkulu.†Journal Of Early Childhood Islamic Education 4(1).

Yosfan, Azwandi. 2005. Mengenal Dan Membantu Penyandang Autisme. Jakarta:

Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Yuliani, Rostika. 2020. “Pola Komunikasi Guru Pada Siswa Anak Autis Di Sekolah Luar Biasa (Slb) Mitra Iswara Kabupaten Tasikmalaya.†Metacommunication: Journal of

Communication Studies 5(2):168. doi: 10.20527/mc.v5i2.8807.

Yuwono, Joko. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Bandung: CV.

Alfabeta

Additional Files

Published

25-02-2023

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.