Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Muatan Pelajaran Materi Keberagaman Suku dan Budaya di Indonesia di Kelas IV SD

Authors

  • Novi Ekarahmasari Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32493/eduka.v8i1.29220

Abstract

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline yang layak digunakan oleh siswa kelas IV SD dalam muatan pembelajaran IPS pada materi Keberagaman Suku dan Budaya di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah statistik deskriptif kuantitatif. Media pembelajaran interaktif articulate storyline termasuk ke dalam kategori Sangat Baik dengan nilai 92,36%. Multimedia pembelajaran articulate storyline sangat diminati oleh siswa kelas IV SD. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian uji coba one to one dengan nilai 98% dan berdasarkan tabel likert media pembelajaran articulate storyline termasuk ke dalam kategori Sangat Baik dengan rentang skor 75% - 100% dan layak digunakan pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV Sekolah Dasar.
Kata Kunci: Pengembangan Media; Media Pembelajaran Interaktif; Articulate Storyline.

References

Aqib, Z. (2013). Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Gavarkovs, A. G. Blunt, W. Petrella, R. J. (2018). A protocol for designing online trainingto support the implementation of community based interventions. Jurnal Evaluation and Program Planning, Vol. 72, October 2018, (hh. 78-83) (Diakses pada tanggal23 Februari

, pukul 19.11)

H. Wahidmurni. (2017). Metodologi Pembelajaran IPS. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan Mixed Methode. Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan.

Jaya, I. (2019). Penerapan Statistik Untuk Penelitian Pendidikan Edisi Pertama. Jakarta: Prenadamedia Group.

KEBUDAYAAN, P. M. P. D., & INDONESIA, R. (2013). Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA, 1-13.

Munadi, Y. (2008). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Ciputat: Gaung Persada Press.

Nurdanela. (2018). Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku. Perpusnas: CV Eka Prima Mandiri.

Rojuli, S. (2016). Strategi Pembelajaran Pendidikan IPS. Surabaya: CV Garuda Mas Sejahtera.

Saifuddin, (2018). Pengelolaan Pembelajaran Teoretis dan Praktis. Yogyakarta: Deepublish.

Setyosari, P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan Edisi Keempat. Jakarta: Prenamedia Group.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA.

Wegener, Debby R. (2006). Training Library Patrons the ADDIE Way. England: Chandos Publishing

Additional Files

Published

25-02-2023

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.