Relationship between Student Motivation with Differentiated Learning and Student Learning Modalities

Authors

  • Denna Ananda Yushinta Universitas Ahmad Dahlan
  • Astry Fajria Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.32493/eduka.v8i1.29223

Abstract

Menurut Ki Hajar Dewantara, pendidikan memberikan arahan kepada anak atas segala bakat bawaannya, sehingga memungkinkan mereka mencapai tingkat keselamatan dan kesenangan yang setinggi-tingginya sebagai individu dan sebagai anggota masyarakat. Konsekuensinya, guru hanya dapat membantu anak-anak mengembangkan kekuatan inheren mereka sehingga mereka dapat mengubah perilaku mereka (tidak secara esensial) dan mengembangkan kekuatan inheren mereka. Metode yang dilakukan dalam artikel ini adalah studi kasus menggunakan observasi laapangan dan wawancara serta dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi erat hubungannya dengan peningkatan motivasi siswa dalam pembelajaran sehingga siswa menjadi lebih giat dalam belajar.
Kata kunci: Motivasi; Modalitas Belajar; Berdiferensiasi; Pembelajaran

References

Gray, R. (2020). Comparing the constraints led approach, differential learning and prescriptive instruction for training opposite-field hitting in baseball. Psychology of Sport & Exercise 51 (2020) 101797 https://doi.org/10.1016/j.psychsport.2020.101797

Haris Herdiansyah. 2013. Wawancara, Observasi, dan Focus Groups sebagai Penggalian Data Kualitatif. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Marlina, (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Universitas Negeri Padang.

Schöllhorn, W. I. (2000). Applications of systems dynamic principles to technique and strenght training. Acta Academiae Olympiquae Estoniae, 8, 67–85 Schöllhorn, W. I., Mayer-Kress, G., Newell, K. M. & Michelbrink, M. (2009). Time scales of adaptive behavior and motor learning in the presence of stochastic perturbations. Human Movement Science, 28, 319–333.

Additional Files

Published

25-02-2023

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.