Relationship between Student Motivation with Differentiated Learning and Student Learning Modalities
DOI:
https://doi.org/10.32493/eduka.v8i1.29223Abstract
Menurut Ki Hajar Dewantara, pendidikan memberikan arahan kepada anak atas segala bakat bawaannya, sehingga memungkinkan mereka mencapai tingkat keselamatan dan kesenangan yang setinggi-tingginya sebagai individu dan sebagai anggota masyarakat. Konsekuensinya, guru hanya dapat membantu anak-anak mengembangkan kekuatan inheren mereka sehingga mereka dapat mengubah perilaku mereka (tidak secara esensial) dan mengembangkan kekuatan inheren mereka. Metode yang dilakukan dalam artikel ini adalah studi kasus menggunakan observasi laapangan dan wawancara serta dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi erat hubungannya dengan peningkatan motivasi siswa dalam pembelajaran sehingga siswa menjadi lebih giat dalam belajar.Kata kunci: Motivasi; Modalitas Belajar; Berdiferensiasi; Pembelajaran
References
Gray, R. (2020). Comparing the constraints led approach, differential learning and prescriptive instruction for training opposite-field hitting in baseball. Psychology of Sport & Exercise 51 (2020) 101797 https://doi.org/10.1016/j.psychsport.2020.101797
Haris Herdiansyah. 2013. Wawancara, Observasi, dan Focus Groups sebagai Penggalian Data Kualitatif. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Marlina, (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Universitas Negeri Padang.
Schöllhorn, W. I. (2000). Applications of systems dynamic principles to technique and strenght training. Acta Academiae Olympiquae Estoniae, 8, 67–85 Schöllhorn, W. I., Mayer-Kress, G., Newell, K. M. & Michelbrink, M. (2009). Time scales of adaptive behavior and motor learning in the presence of stochastic perturbations. Human Movement Science, 28, 319–333.