Microlearning pada Pembelajaran Refraksi: Bibliometric Analysis

Authors

  • Atti Kartikawati Akademi Refraksi Optisi Kartika Indera Persada
  • Sahel Sahel Akademi Refraksi Optisi Kartika Indera Persada
  • Suci Haryanti Akademi Refraksi Optisi Kartika Indera Persada

DOI:

https://doi.org/10.32493/eduka.v8i2.31780

Abstract

Untuk menciptakan pembelajaran abad 21 yang berpikir kritis, inovatif dan menyenangkan dalam pembelajaran refraksi, dibutuhkan strategi model pembelajaran yang mampu memvisualisasikan konsep-konsep fisika dengan baik. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan adalah microlearning. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan microlearning dalam pembelajaran refraksi dan inovatif dengan pendekatan bibliometrik menggunakan software VOSViewer. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis bibliometrik. Terdapat 6 cluster pengklasifikasian melalui software VOSViewer. Hasil penelitian diperoleh artikel yang digunakan dengan kata kunci “pembelajaran refraksi dan inovatif†dan “microlearning†mulai meningkat pesat pada tahun 2019-2023. Pada penelitian ini diperoleh 6 cluster yang membahas topik mengenai penerapan microlearning dalam pembelajaran refraksi. Dari analisis menggunakan vos viewer, kata “microlearning†sering muncul, artinya sudah banyak penelitian tentang microlearning. Tetapi menjadi keterbaruan jika dikaitkan dengan pembelajaran refraksi baik dari segi pengajaran maupun media pembelajarannya. Kata kunci: mikrolearning, pembelajaran refraksi, pembelajaran inovatif, analisis bibliometrik.

Kata kunci: microlearning; pembelajaran refraksi; pembelajaran inovatif

References

Baroya, Epi Hifmi. 2018. “Strategi Pembelajaran Abad 21.†As-Salam: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman 1(1):101–15.

Buchem, Ilona, and Henrike Hamelmann. 2010. “Microlearning: A Strategy for Ongoing Professional Development.†ELearning Papers 21(7):1–15.

De Gagne, Jennie C, Amanda Woodward, Hyeyoung K. Park, Huilin Sun, and Sandra S. Yamane. 2019. “Microlearning in Health Professions Education: A Scoping Review Protocol.†JBI Evidence Synthesis 17(6):1018–25.

De Gagne, Jennie Chang, Hyeyoung Kate Park, Katherine Hall, Amanda Woodward, Sandra Yamane, and Sang Suk Kim. 2019. “Microlearning in Health Professions Education: Scoping Review.†JMIR Medical Education 5(2):e13997.

Galarosa, Kieth John D., and Denis A. Tan. n.d. “STUDENTS’ACADEMIC Performance And Motivation In Physics Using A Microlearning Approach Via Cybergogy Learning Environment.â€

Hicks, Daniel J., Carl Stahmer, and MacKenzie Smith. 2018. “Impacting Capabilities: A Conceptual Framework for the Social Value of Research.†Frontiers in Research Metrics and Analytics 3:24.

Hook, Daniel W., Simon J. Porter, Hélène Draux, and Christian T. Herzog. 2021. “Real-Time Bibliometrics: Dimensions as a Resource for Analyzing Aspects of COVID-19.†Frontiers in Research Metrics and Analytics 5:595299.

Hug, Theo, Martin Lindner, and Peter A. Bruck. 2005. “Microlearning: Emerging Concepts, Practices and Technologies after e-Learning.†Proceedings of Microlearning 5(3):74.

Jomah, Omer, Amamer Khalil Masoud, Xavier Patrick Kishore, and Sagaya Aurelia. 2016. “Micro Learning: A Modernized Education System.†BRAIN. Broad Research in Artificial Intelligence and Neuroscience 7(1):103–10.

Prayoga, Hermawan Ady. 2014. “Intensitas Pencahayaan Dan Kelainan Refraksi Mata Terhadap Kelelahan Mata.†Intensitas Pencahayaan Dan Kelainan Refraksi Mata Terhadap Kelelahan Mata 9(2). doi: 10.15294/kemas.v9i2.2840.

Rosenfield, Mark, Regina Gurevich, Elizabeth Wickware, and Marc Lay. 2010. “COMPUTER VISION SYNDROME: ACCOMODATIVE & VERGENCE FACILITY.†Journal of Behavioral Optometry 21(5).

Sánchez-Alonso, Salvador, Miguel-Angel Sicilia, Elena García-Barriocanal, and Tito Armas. 2006. “From Microcontents to Micro-Learning Objects–Which Semantics Are Required?(Semantics for Microlearning).†Micromedia & E-Learning 2:295–303.

Sheikh, Nasir J., and Omar Sheikh. 2016. “Forecasting of Biosensor Technologies for Emerging Point of Care and Medical IoT Applications Using Bibliometrics and Patent Analysis.†Pp. 3082–93 in 2016 portland international conference on management of engineering and technology (PICMET). IEEE.

Supinah, Roslani, and Joko Soebagyo. 2022. “Analisis Bibliometrik Terhadap Tren Penggunaan ICT Pada Pembelajaran Matematika.†JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) 6(2):276–90.

Suryani, Nunuk, Achmad Setiawan, and Aditin Putria. 2019. “Media Pembelajaran Inovatif Dan Pengembangannya.â€

Additional Files

Published

24-10-2023

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.