PENGARUH INFRASTRUKTUR GURU, BISNIS DAN DUKUNGAN LINGKUNGAN INDUSTRI PADA KEMAMPUAN ADAPTASI KERJA PADA KEMAMPUAN BEKERJA SISWA SMK DI SURABAYA

Authors

  • PARJONO PARJONO Surabaya State University

DOI:

https://doi.org/10.32493/eduka.v1i1.3730

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki peran dan fungsi guru, infrastruktur, serta lingkungan bisnis dan industri pada kemampuan adaptasi kerja yang dimediasi oleh keterampilan kerja. Sejak tahun 1990-an, proses pembelajaran sekolah menengah kejuruan berfokus pada sistem pendidikan ganda yang mengintegrasikan proses pembelajaran di sekolah dan kegiatan nyata dalam lingkungan bisnis dan industri. Prinsip-prinsip pembelajaran menggunakan pendekatan link and match yang berkaitan dengan bidang kerja dan cocok dengan tuntutan serta kebutuhan bisnis dan industri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan kerja memediasi peran dan fungsi guru, infrastruktur, lingkungan bisnis dan industri menuju kemampuan adaptasi kerja. Namun, keterampilan kerja hanya berperan sebagai mediasi murni untuk fungsi guru menuju kemampuan keterampilan kerja. Kesimpulannya, kemampuan adaptasi kerja diperoleh dari keterampilan kerja.

Kata Kunci: dukungan guru, dukungan infrastruktur, dukungan lingkungan 
                   bisnis, kerampilan adaptasi kerja, keahlian kerja.

References

Anathan, L. dan Ellitan, L. (2009). Strategi Bersaing, Konsep, Riset

dan Instrumen. Bandung Penerbit Alfabeta

Anonimous. (1992). Keputusan Mendikbud No 490/U/1992 tentang

SMK. Jakarta : tidak dipublikasikan

-------------- (1994). Konsep Pendidikan Sistem Ganda di

SMK.Jakarta: Dirjen Dikdasmen

--------------(2006).PP 19 tahun 2005 tentang Standar Pendidikan

Nasional.Jakarta : Dikmenjur

--------------(2006).Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.Jakarta : Badan

Standar Naional Pendidikan Depdiknas

--------------(2007). UUD 1945.Jakarta : Dikmenjur

-------------- (2007)..PermendiknasNo 16 tentang Standar Kompetensi

dan kualifikasi akademik guru.Jakarta : Depdiknas

-------------- (2007).Permendiknas No 6 tentang Sertifikasi

Guru.Jakarta : Depdiknas

………….. (2007). Naskah Akademik Pendidikan Keterampilan. Jakarta :

Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum Depdiknas

--------------.(2008). PP No 74 tahun 2008 tentang Guru, Depdiknas

--------------. (2008). UU No 20 tahun 2003 tentang Sistem

Pendidikan Nasional, Jakarta : Dikmenjur

--------------, (2008). Naskah Akademik Kajian Kebijakan Kurikulum

SMK. Jakarta : Badan Penelitian dan pengembangan Pusat

Kurikulum Depdiknas

--------------. (2010). Permendiknas No 41 tahun 2007 tentang

Standar Proses Untuk satuan pendidikan Dasar dan

menengah.Jakarta : Badan Standar Pendidikan nasional

…………., (2010). Badan Koordinasi Sertifikasi Profesi (BKSP) Jawa

tengah. -

---------------, (2013). Naskah Akademik Pendidikan Keterampilan.

Jakarta : Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum,

Kemendikbud

----------------, (2013). Permendikbud No 54 tahun2013 tentang

Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan

Menengah.Jakarta : Kemendikbud

----------------, (2013). Permendikbud No 64 tahun 2013 tentang

Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakara Kemendikbud

--------------- (2013).Permendikbud No 65 tahun 2013 tentang

Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.Jakarta :

Kemendikbud

---------------, (2013). Pedoman Pelatihan Implementasi Kurikulum

Jakarta : Kemendikbud

Baker, Meredith. (1994). Training down under : an overview of the

Australian Experience. National Institute of Labours Studies, The

University of Melbourne. Australia

Boyatzis, Richard E. (2007).Competencies in the 21st

century.www.emeraldinsight.com/0262-1711.hatm

-----------------. (2007).Competencies as a behavioral approach to

emotional intelligence.www.emeraldinsight.com/0262-1711.hatm

Brahmasari, I.A. dan Suprayetno, A. (2008). Pengaruh Motivasi Kerja,

Kepemimpinan dan Budaya terhadap Kepuasan kerja karyawan dan Dampaknya terhadap Kinerja Perusahaan.Surabaya : Jurnal

Managemen dan Kewirausahaan. Vol. 10 No 2 September 2008.

Pasca Sarjana Universitas 17 Agustus Surabaya.

Bukit dan Masriani (1997). Implementasi PSG sebagai Pembaruan

kurikulum.Bandung : Disertasi PPS IKIP Bandung. Tidak

diterbitkan

Bungin, B. (2004). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surabaya :

Kencana Prenata Media Group

Coachdie (2009) Teori Belajar yang melandasi proses pembelajaran.

Update : October 24- 2009 10.57

Creswell, J.W dan Clark, V.L.P. (2007). Designing and Conducting

Mixed Methods Research. California : Sage Publications

Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, (2011). Kerangka

kualifikasi Nasional Indonesia.Jakarta : Dirjen Dikti

Dirjen Dikdasmen. (2006). Panduan Pengembangan Silabus Mata

Pelajaran Keterampilan, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Djojonegoro, W. (1994). Kebijakan dan program pengembangan

pendidikan kejuruan di Indonesia. Makalah seminar nasional SMK

se Indonesia Surabaya

--------------, (1998). Pengembangan SDM melalui SMK Jakarta : PT

Balai Pustaka

Hadianto, B, Harahap, S. dan Budi, N. (2007). Suatu Tinjauan

Brainware Management. Jurnal Managemen, Vol. 6 No 2 Mei 2007

Hamalik, O. 2004.Proses Belajar Mengajar.Jakarta : Bumi Karsa

------------, (2007). Managemen Pelatihan Ketenagakerjaan.

Pendekatan Terpadu. Jakarta : PT Bumi Aksara

Hamidah, Siti. (2012). Profil soft skills mahasiswa Pendidikan Tehnik

Boga Fakultas Tehnik Universitas Negeri Yogyakarta.

Hasibuan, H.L. (2010). Kurikulum dan Pemikiran Pendidikan.Jambi :

GP Press

Hayadin, (2009). Orientasi akademis versus vocational.Jakarta : July

th, 2009

Helmi, A.F. (1999). Beberapa Teori Psikologi Lingkungan. Jurnal :

Buletin Psikologi, Tahun VII No 2 Desember 1999

Hendra, P. (2010). Pentingnya tenaga terampil di Industri.Jurnal.

Irianto, Y. (2001). Isu-isu Strategis Pengembangan Sumberdaya

Manusia.Surabaya : Penerbit Insan Cendekia

Ispardjadi, (2007).Seri Analisis Data Statistik. Uji Data. Surabaya :

Fakultas Ekonomi Unesa

Jones, B. dan Iredale, N. (2010).Enterprise Education as

Paedagogy.Education + Training.Vol. 52 No 1 2010. PP 7-19. @

Emerald Group Publishing Limited. 0040-0912

Kamil, H. M. (2010). Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan

Aplikasi). Bandung : Penerbit ALAFABETA

Kanwil Depdikbud Provinsi DIY, (1995). Pedoman dan Persiapan

PendidikanSistem Ganda di SMK.Yogyakarta :Kanwil provisnsi DIY

_____________, (1995).,Program Wilayah Pembinaan dan

Pengembangan Pendidikan Sistem Ganda di SMK. Yogyakarta

:Kanwil provisnsi DIY

_____________, (1995). , Pengetahuan dan Keterampilan Dasar

dalam Pendidikan Sistem Ganda di SMK. Yogyakarta :Kanwil

provinsi DIY

_____________, (1995). , Pedoman Penilaian proses dan hasil kerja

dalam Pendidikan Sistem Ganda di SMK. Yogyakarta :Kanwil

provinsi DIY

_____________, (1995)., Sistem Pengujian dan Sertifikasi Pendidikan

Sistem Ganda di SMK.Yogyakarta :Kanwil provisnsi DIY

Kesuma, D, Hermana, D, Suparlan D, dan Undang, G. (2010).

Contextual Taching and Learning. Sebuah Panduan Awal dalam

Pengembangan PBM.Yogyakarta : Rahayasa Research and Training

Kostolanyova, K, Sarmanova, A dan Takacs, O. (2011). Adaptation of

Teaching Process Based on a Students Learning Needs. Journal on

Efficiency and Responsibility in Education and Science. The

University of Ostrava, Finland

Kunandar. (2010). Guru Profesional. Implementasi Kurikulum Tingkat

satuan Pendidikan dan Sukses dalam Sertifikasi Guru.Jakarta : PT

Rajagrafindo Persada

Mathis, R. L. dan Jackson, J. H. (2009). Human Resources

Management.Penterjemah : Diana Angelica. Jakarta : Penerbit

Salemba Empat

Mejia, C. Baldiris, S. Gomez, S. dan Fabregat, R. (2005). Adaptation

Process to Deliver Content Based on User Learning Styles. Universitat de Girona.{carolina, baldiris, sergiog} @eia.udg.es,

ramon.fabragat@udg.es

Mitrani, A. D. dan Fitt, D. Competency Based Human Resources

Management: value-driven Strategies for recruitment,

Development and Reward. London : Kogan Page Ltd

Muafi, Hartati, A. S. dan Gusaptono, H., (2009). Peran Life Skills

dalam peningkatan Self Efficacy dan Perilaku Peran (Perspektif

Perilaku Individual).Surabaya : Unesa University Press

Mulyasa, E. (2007).Menjadi Kepala Sekolah yang Profesional dalam

konteks Mensukseskan KBS dan KBK. Bandung: Remaja

Roesdakarya

Murwani, E.D. (2006). Peran Guru Dalam Membangun Kesadaran

Kritis Siswa.Jakarta : Jurnal Pendidikan Penabur- No 6/Th. V 2006

Noe, R. A, Hollenback, J. R, Gerhatt B. and Wright, P. M. Managemen

Sumberdaya Manusia. Terjemahan :David Wijaya. Jakarta :

Penerbit Salemba Empat

Purnomo, E. dan Munadi, S. (2005). Evaluasi Hasil Belajar Dalam

Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi di Sekolah

Menengah Kejuruan.Jurnal : Cakrawala Pendidikan, Juni 2005

Tahun XXIV, No 2

Purwanto, (2008). Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi

dan Pendidikan.Yogyakarta : Pustakan Pelajar

Pusat Kurikulum, Depdiknas. (2007). Naskah Akademik Pendidikan

Keterampilan. Kajian Kebijakan KurikulumMP Keterampilan.

Jakarta : Badan Penelitian dan Pengembangan Depdiknas

Riduwan dan Kuncoro E.A, (2008). Cara Menggunakan dan memaknai

Analisis Jalur (Path Analysis.Bandung : Alfabeta

Riyanto, Y. (1998). Pengembangan model pembelajaran Modulized

applied approach dalam implementasi kurikulum PSG di sekolah

menengah kejuruan. Distertasi Pascasarjana Bandung : IKIP

Bandung

----------, (2010) Paradigma Baru Pembelajaran.Sebagai Referensi

Bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan

Berkualitas.Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Romlah, Oom. (2009). Peranan Praktikum dalam mengembangkan

keterampilan proses dan kerja laboratorium. Makalah : Pertemuan

MGMP se Kabupaten Garut. Tidak dipublikasikan

Schmitt, N. dan Klimoski, R. J. (1991).Research Methods in Human

Resouces Management. Cincinanati, Ohio : South Western

Publishing Co

Silberman, M., (2010). 101 Cara Pelatihan dan Pembelajaran

Aktif.Jakarta : PT Indeks

Samani, Muchlas dan Haryanto, 2011.Pendidikan Karakter. Bandung :

PT Remaja Rosdakarya

Suparlan, B. (2008). Pengaruh pendidikan Sistem ganda (PSG)

terhadap daya adaptif kerja siswa SMK di Malang Raya.Malang :

Disertasi Program PPS Prodi PE Universitas Negeri Malang. Tidak

dipublikasikan

Suyono dan Haryanto. (2011). Belajar dan pembelajaran. Bandung:

PT Remaja Rosdakarya

Syah, M., (2003). Psikologi Belajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Taatila, V.P. (2010) Learning Entrepreneurship in Higher Education.

Espoo, Finland: Laurea University of Applied Sciences.

www.emeraldinsight.com/0040-0912.htm

Tim Unesa. (2009). Materi Pendidikan dan Latihan Profesi

Guru.Surabaya : Panitia Sertifikasi Guru

Utama, I M. S., Suparti, Ni W. S., Wartini, Ni M. dan Widyatmika, I P.,

(2010). Konsep Pengambangan Panduan Evaluasi, Pengambangan

Soft Skills mahasiswa melalui Proses Pembelajaran di Universitas

Udayana, Denpasar : Universitas Udayana

Velde, Christine. (2011). An alternative conception to competence

implications for vocational education.Jurnal :

http//www.informaworld.com/smpp/title-content-1716100716

Wardani, Dani. (2011). Kontribusi keterampilan sosial dalam

pembelajaran IPS terhadap kesiapan kerja praktek kerja industri.

Jurnal UPI Prodi PIPS : Edisi khusus No 2 Agustus 2011 ISSN

-565X

Wardhani, N. (2005) Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar

siswa.Bandung : Bagian Psikologi Klinis- Fakultas Psikologi UNPAD.

Makalah disampaikan pada kegiatan Sertifikasi I yang

diselenggarakan oleh Unit Pengembang Tenaga Kependidikan

Jakarta di Bandung pada Juli 2005

Watono, (2008). Hubungan pemanfaatan sarana prasarana belajar

dan motivasi dengan prestasi belajar,Surakarta : Program

Pascasarjana UNS

Watson, Anthony. (2011). Competency-based vocational education: is

the the answer ?Jurnal : http//www.informaworld.com/smpp/title-

content-1716100716

Williams, Steve dan Raggatt, Peter. (2011). Competencu-Based

Vocational Training Policy Jurnal:

http//www.informaworld.com/smpp/title-content-1716100716

Additional Files

Published

02-02-2016

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.