ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN SARANA PRASARANA TERHADAP KEPUASAN PESERTA DIDIK STUDI PADA MAN INSAN CENDEKIA SERPONG TANGERANG SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.32493/eduka.v1i1.3732Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling dengan sampel sebanyak 172 orang. Adapun alat analisis menggunakan analisis regresi, Uji t, dan uji F, dengan menggunakan software IBM SPSS Statistic 22. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kualitas Pelayanan (X1) terhadap Kepuasan Peserta Didik (Y). Hal ini berdasarkan persamaan regresi Ŷ=7,382+0,538X, dan nilai t hitung = 9,195 lebih besar dari t tabel = 1,9738. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Sarana Prasarana (X2) terhadap Kepuasan Peserta Didik (Y). Hal ini berdasarkan persamaan regresi Ŷ=18,962+0,396 X, dan t hitung = 7,838 lebih besar dari t tabel = 1,9738. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas pelayanan, dan sarana dan prasarana yang disediakan secara simultan terhadap kepuasan peserta didik. Hal ini berdasarkan persamaan regresi Ŷ=6,851+0,390X1+0,193X2, dan hasil Fhitung=49,643 lebih besar dari Ftabel=3,0494.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Sarana Prasarana, Kepuasan Peserta Didik
References
Bowang, Darmawan. (2014). Manajemen Sarana dan Prasarana Dalam
Meningkatkan Kualitas Pendidikan, Jurnal Pelopor Pendidikam Volume
No. 2, Juni 2014, 93-102
Kotler, Philip dan Keller, KL. (2009). Manajemen Pemasaran jilid 1.
Jakarta : Erlangga.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 63 tahun 2009 tentang Sistem
penjaminan Mutu Pendidikan.
Sugiyono, (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.
Bandung : Alfabeta.
Triwiyanto, Teguh, (2014). Pengantar Pendidikan. PT. Bumi Aksara.
Jakarta.