PENGGUNAAN CAROUSEL FEEDBACK UNTUK MENINGKATKAN HUBUNGAN PRIBADI SISWA DALAM MENGAMBIL BAGIAN PADA SEBUAH PROGRAM KEJURUAN KONSENTRASI PADA TANAMAN BELIMBING DI DEPOK
DOI:
https://doi.org/10.32493/eduka.v1i2.3738Abstract
Carousel feedback adalah metode pengajaran yang berfokus pada pengembangan hubungan pribadi (keterampilan sosial & komunikasi) serta keterampilan akademis (keterampilan analitis, kemampuan membangun kembali & mempresentasikan). Metode ini digunakan untuk memecahkan masalah “the shringking violets & bulles†di kelas-kelas wirausaha. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif pada tindakan kelas. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi, kuisioner, catatan lapangan dan foto, subjek adalah 20 lulusan Program Pendidikan S1 Ekonomi FKIP Universitas Pamulang (terutama yang terlibat dalam program desa di Kecamatan Rangkapan Jaya, dan Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat). Analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa: 1) Metode Carousel feedback dapat digunakan untuk menanamkan kewirausahaan; 2) respon siswa bervariasi; 3) keterampilan sosial dan komunikasi meningkat. Masalah: 1) mengoordinasikan jadwal waktu antara desa dan universitas; 2) kurangnya kepercayaan diri pada siswa terutama pada mereka yang dari Jawa.
Kata Kunci: Carousel feedback, kemampuan sosial, kemampuan
komunikasi, kemampuan analsis, desa kejuruan.
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi VI. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Budiningsih, C, A. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati & Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan Rineka Cipta.
Kagan, S & Kagan, M. 1998. Multiple Intelegences: The Complete MI Book. (Online), (http://www.KaganOnline.com, diakses 1 Januari 2016)
Kagan, S & Kagan, M. 2009. Kagan Cooperative Learning. San Clemente: Kagan Publishing.
Lie, A. 2005. Cooperatif Learning. Jakarta: PT Gramedia.
Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurhadi dkk. 2003. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.
Soetjipto, E, B. 2010. Pembelajaran Kooperatif dan Beberapa Hasil Penelitian di Bidang Manajemen & Ekonomi. Malang: Jurusan Manajemen FE UM.
Tantra, Dewa Komang. 2006. Konsep Dasar Dan Karakteristik Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: Pelatihan Metodelogi Penelitian Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran (PPKP) Dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Dosen-Dosen LPTK se-Indonesia pada tanggal 17-21 April 2006 di Makassar dan Surabaya, Departemen Pendidikan Nasional
Universitas Pamulang. 2015. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, , Makalah, Laporan Penelitian, Edisi Pertama. Pamulang: Penerbit Pr4ogram Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang