UPAYA MENGATASI MISKONSEPSI MAHASISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN DELIKAN (DENGAR, LIHAT, KERJAKAN) PADA MAHASISWA SEMESTER I PROGRAM STUDI TEKNIK MESIN UNIVERISTAS PAMULANG
DOI:
https://doi.org/10.32493/eduka.v2i1.3750Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya mengatasi miskonsepsi mahasiswa pada mata kuliah kalkulus 1 dengan metode pembelajaran delikan. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek pemberi tindakan dalam penelitian ini adalah dosen kalkulus 1 program studi teknik mesin Universitas Pamulang, sedangkan subjek penerima tindakannya adalah mahasiswa semester 1 program studi teknik mesin Universitas Pamulang yang berjumlah 43 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, metode tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data tindakan dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur, yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses perkuliahan. Beberapa hal yang dapat disimpulkan dari penelitian tindakan kelas ini adalah: 1) kemampuan mahasiswa dalam menjawab pertanyaan yang diajukan dosen meningkat dari 23,26% menjadi 58,14%, 2) kemampuan mahasiswa untuk mengerjakan soal di depan kelas meningkat dari 20,93% menjadi 39,53%, 3) kemampuan mahasiswa untuk mengerjakan soal sesuai dengan konsep yang telah dipelajari meningkat dari 46,51% menjadi 76,74%. Berdasarkan penelitian tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan metode pembelajaran delikan dapat mengatasi miskonsepsi mahasiswa dalam mata kuliah kalkulus 1.
Kata Kunci: miskonsepsi mahasiswa, mata kuliah kalkulus 1, metode
pembelajaran delikan.
References
Lanjar Widada. 2015. “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang dengan Menggunakan Model Mengajar Delikan Bagi Siswa Kelas VIII B SMP Negeri Ngawenâ€. Wiyata Mustika Jurnal Kependidikan, 3(1), 19-25.
Ruganda. 2009. “Peningkatan Hasil Perkuliahan Menulis Deskripsi Melalui Model Delikan di Semester V SD Kalikoa, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebonâ€. Metalingua, 7(2), 159-172.
Sohibun. 2014. “Penerapan Strategi Belajar Dengar Lihat Kerjakan (Delikan) Berbasis Laboratorium Mini Terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa SMA Kelas X MIAâ€. Jurnal Ilmiah Edu Research, 3(1), 53-67.
Soni Irianto dan Iswasta Eka. 2011. “The Impact of DELIKAN Learning towards Mathematics Achievement in Terms of Students Motivation: An Experiment at the State Elementary Schools of Banyumas, Central Java, Indonesiaâ€. International Journal for Educational Studies, 3(2), 187-194.