PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN YANG BERDAMPAK PADA LOYALITAS PELANGGAN PADA PRODUK HYDRO COCO PT KALBE FARMA

Authors

  • SINTA SULISTIANI Pamulang University

DOI:

https://doi.org/10.32493/eduka.v2i1.3752

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kriteria, kondisi produk, promosi, minat beli dan loyalitas masyarakat terhadap produk hydro coco, mengetahui pengaruh produk dan promosi secara parsial terhadap keputusan pembelian produk hydro coco, mengetahui pengaruh produk dan promosi secara simultan terhadap keputusan pembelian produk hydro coco dan mengetahui pengaruh Keputusan pembelian terhadap loyalitas pelanggan Produk Hydro Coco. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 100 responden. Sebagai variabel independen pada penelitian ini adalah yang diberi lambang kualitas produk (X1) promosi (X2). Sedangkan variabel dependen pada penelitian ini adalah keputusan pembelian yang diberi lambang (Y) dan variable moderating adalah loyalitas pelanggan (Z). Skala pengukuran yang digunakan adalah skala 1 - 5 dengan 5 kategori. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan uji regresi linier berganda. Berdasarkan perhitungan Variabel kualitas produk dan promosi berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian secara parsial dan simultan.Variabel kualitas produk dan promosi berpengaruh signifikan terhadap variabel loyalitas secara parsial dan simultan.Variabel keputusan pembelian berpengaruh signifikan terhadap variabel loyalitas.Variabel kualitas produk dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan dampaknya terhadap loyalitas.

Kata Kunci: Promosi, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian dan Loyalitas.

References

Akbar, Alfian Amidhan, (2015). Pengaruh Kompensasi, Motivasi , Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan CV Cemara Production Surabaya, Jurnal dan Riset Manajemen, Volume 4, Surabaya.

Alfajar, Siti., Heru, Tri, (2010). Manajemen SDM Sebagai Dasar Meraih Keunggulan Bersaing, Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Handoko, Hani, (2012). Manajemen Personalia & Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: BFFE.

Hasibuan, Malayu, (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Jogiyanto, (2010). Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: FEB UGM.

Keran, Kristina Nugi, (2012). Pengaruh Motivasi Kerja, Kompetensi dan Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan di Yayasan Bintang Timur Tangerang, Esa unggul.

Priyatno, Duwi, (2013). Analisis Korelasi, Regresi, dan Multivariate dengan SPSS. Yogyakarta : Gava Media.

Purnawanto, Budy, (2010). Manajemen SDM Berbasis Proses. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia.

Nawawi, Hadari H., (2010). Perencanaan SDM untuk Organisasi Profit yang Kompetitif. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Noe,Raymond. Parmenter, David, (2011). Key Performance Indicators, Jakarta : Kompas Gramedia.

Prabu Mangkunegara, Anwar. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purnawanto, Budy. (2010). Manajemen SDM Berbasis Proses Pola Pikir Baru pada Era Knowledge Economy. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Rangkuti, Freddy. (2013). SWOT Balanced Scorecard Tehnik Menyusun Strategi Korporat yang Efektif Plus Cara Mnegelola Kinerja dan Risiko. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rivai, Veithzal, (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rivai, Veithzal., Fawzi, Ahmad, Jauvani, S., Murni, S., dan Abdullah, B., (2011). Performance Appraisal, Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Sangadji, Etta Mamang., Sopiah. (2010). Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dalam Penelitian, Yogyakarta: Penerbit Andi.

Santoso, Singgih, (2012). Aplikasi SPSS pada Statistik Non Parametrik. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Siagian, Sondang P., (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Sinambela, Lijan Poltak, (2012). Kinerja Pegawai. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Subekhi, Akhmad., Jauhar, Mohammad., (2012). Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Sudarmanto, R. Gunawan, (2013). Statistik Terapan Berbasis Komputer dengan Program IBM SPSS 19. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sugiyono. (2012) Metode Penelitian Bisnis, Bandung : Alfabeta.

Suhaji, Linawati, Pengaruh Motivasi, Kompetensi, Kepemimpinan, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada PT. Herculon Carpet Semarang, Semarang, STIE Widya Manggala, Semarang.

Suherman, Eman, (2012). Kiat Sukses Membangun SDM Indonesia , Bandung : Alfabeta.

Sunyoto, Danang. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service.

Sunyoto, Danang. (2013). Teori, Kuesioner, dan Proses Analisis Data Perilaku Organisasional. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service.

Suwatno. Tjutju, Yuniarsih, (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta..

Triyono, Ayon., (2012). Paradigma Baru Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Oryza.

Tumanggor, Rusmin., Ridho, Kholis., Nurochim., (2012). Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wilson, J.B., (2011). Planning for Excellence Performance Merencanakan Kinerja Unggul, PPM Jakarta.

Wirawan, (2012). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia Teori, Aplikasi, dan Penelitian. Jakarta : Salemba Empat.

Zahara, Rita, (2010). Pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin kerja, dan Kompetensi Pegawai terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Koleksi Perpustakaan Universitas Terbuka, Pangkal Pinang.

Additional Files

Published

01-02-2017

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.