UPAYA MENINGKATKAN SIKAP TERHADAP MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN DISCOVERY PADA SISWA KELAS VII D SMP MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA

Authors

  • ENGGAR PRASETYAWAN Pamulang University

DOI:

https://doi.org/10.32493/eduka.v2i2.3762

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta dengan jumlah siswa 35. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan sklus II terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes objektif. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan soal tes objektif. Validitas instrument diproses melalui expert judgement dari dosen ahli. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan apabila apabila rata-rata kelas meningkat dari pratindakan, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian dari penerapan pendekatan Discovery pada mata pelajaran Matematika kelas VII D SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan sikap terhadap matematika dan hasil belajar siswa. Peningkatan ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas untuk sikap terhadap matematika mengalami peningkatan yaitu dari hasil pra siklus sebesar 79,97 (rendah) pada siklus I rata-rata kelas naik menjadi 97,37 (sedang) dan pada siklus II naik menjadi 101,57 (tinggi). Peningkatan juga terjadi pada prestasi belajar siswa yaitu dari hasil pra siklus rata-rata kelas sebesar 33,52 pada siklus I rata-rata kelas naik menjadi 75 dan pada siklus II naik menjadi 75,05. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan sikap terhadap matematika dan prestasi belajar matematika mulai tahap pra siklus, Siklus I dan Siklus II. Dengan demikian penggunaan pendekatan Discovery dapat meningkatkan sikap terhadap matematika dan prestasi belajar matematika kelas VII D SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta.

Kata Kunci: Sikap Terhadap Matematika, Pendekatan Discovery, Prestasi
                    Belajar

References

Arends, R. I. (2012). Learning to teach (9th ed). New York: McGraw-Hill.

Castronova, A Joyce. (2002). Discovery Learning For The 21st Century: What Is It And How Does It Compare To Traditional Learning In Effectiveness In The 21st Century?.Journal of Technology and Teacher Education.Vol 8. No 2.

Gable, R. K. (1986). Instrument development in the affective domain. Boston: Kluwer-Nijhoff Publishing.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: Boston, MA: Person Education

Posamentier, A. S., Smith, B. S., & Stepelman, J. (2010). Teaching secondary mathematics: teaching and enrichment unit (8th ed). Boston: Pearson Education Inc.

Ruseffendi, E.T. (1991). Pengantar kepada membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA (Cetakan Kedua). Bandung:Tarsito.

Schunk, D. H. (2012). Learning theories. (terjemahan Eva Hamdiah & Rahmat Fajar). Upper Saddle River, New Jersey, NJ: Pearson Education Inc.

Slavin. Robert E. (2006). Educational Psychology: Theory and Practice Eighth Edition. Boston: Pearson Education.

Additional Files

Published

01-08-2017

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.