PENGUATAN UMKM SEBAGAI PILAR MEMBANGUN EKONOMI BANGSA
DOI:
https://doi.org/10.32493/eduka.v2i2.3764Abstract
Pemberdayaan UMKM terbukti menjadi penggerak roda perekonomian nasional dengan kontribusi dan perannya dalam menyerap tenaga kerja lebih banyak dibanding entitas bisnis lainnya, membuktikan bahwa UMKM mampu menekan jumlah angka pengangguran dan kemiskinan. Permasalahan yang umum dihadapi pelaku UMKM seperti keterbatasan permodalan, SDM yang kurang kompeten dibidangnya dan penggunaan teknologi perlu mendapat dukungan dari berbagai pihak dalam bentuk penguatan. Tujuan penelian ini ingin mendeskripsikan bahwa penguatan UMKM mampu mewujudkan peran UMKM sebagai pilar membangun ekonomi bangsa. Metodologi pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data dengan menggunanan metode literatur yaitu dengan cara pengumpulan data pustaka. Sumber data adalah textbook, artikel, jurnal, review literatur dan data statistik. Analisa mengacu pada penelitian terdahuludan dari hasil studi literatur. Hasil penelitian dapat dideskripsikan bahwa dalam kurun waktu lima tahun (2012-2017) dengan diberikan lampu hijau untuk penguatan UMKM dalam bentuk permodalan dan pengembangan SDM, terbukti UMKM mampu berkontribusi menyerap tenaga kerja lebih banyak dan meningkat juga meningkat dari 96,99% menjadi 97,22%. Hal ini menunjukkan UMKM mampu menekan angka pengangguran dan mengatasi kemiskinan. Atas pertumbuhan UMKM yang membaik dari tahun ke tahun UMKM terbukti telah berkontribusi terhadap Produk Domestik Bruto meningkat dari 57,84% menjadi 60,34%. Hal ini menunjukkan bahwa penguatan UMKM sebagai pilar membangun ekonomi bangsa.
Kata Kunci: penguatan UMKM, membangun ekonomi
References
Aisbit, John. 1994. “Global Paradoxâ€The Bigger the World Economy, The More powerful it's Smallest Players. “New York: William Morrow and Company
Bungin, Burhan. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Kencana Prenata Media. Jakarta.
Diah Eka, 2015. Panduan Penyusunan Studi Literatur. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Poltekes. Mojokerto
Effendi Ishak. 2005. Artikel : Peranan Informasi Bagi Kemajuan UKM. Kedaulatan Rakyat. Yogyakarta
Idris yanto, 2009. Sektor UMKM di Indonesia: Profil, Masalah, dan Strategi Peemberdayaan. Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis OIKOS-NOMOS. Volume 2, Nomor 1/ Januari 2009. ISSN 1979-1607. LPPEB FIS – UNG Inc.
Juvenal Alves. 2015. Strategi Pengembangan Usaha Mikro kecil dan Menengan dalam Upaya Penguatan Modal Usaha di Timor Leste. Jurnal Ilmu Sosial dan Politik (JISIP) Vol. 4 No.2 2015. ISSN 2442-6962
Peraturan Bank Indonesia (PBI) No. 17/12/PBI/2015 tanggal 25 Juni 2015 tentang Perubahan Pemberian Kredit atau Pembiayaan UMKM
Profil Bisnis UMKM oleh LIPI dan BI tahun 2015
Sanusi Anwar, 2011. Metodologi Penelitian Bisnis. Salemba Empat. Jakarta Selatan
Singgih Moh. Nur. Strategi Penguatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sebagai Refleksi Pembelajaran Krisis Ekonomi Indonesia. Jurnal Ekonomi Moderenisasi Fakultas Ekonomi Universitas Kanjuruhan Malang.
Statistik Kredit UMKM Bank Sentral Republik Indonesia
Sukirno, S. 2004. Makroekonomi Suatu Pengantar. Rajawali Pers. Jakarta
Surya, Djasuro. 2015. Manajemen Koperasi dan UKM. Serang: Untirta Press.