TARI DOLALAK SEBAGAI BENTUK PENDEKATAN KEARIFAN LOKAL DAN BUDAYA (KALBU) PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI

Authors

  • FAJAR ADINUGRAHA Universitas Kristen Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/eduka.v3i1.3803

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) menjelaskan perkembangan Tari Dolalak di Kabupaten Purworejo, 2) menganalisis ranah nilai sikap, spiritual dan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang terkandung dalam Tari Dolalak, 3) menganalisis ranah pengetahuan Tari Dolalak yang diintegrasikan dalam pelajaran Biologi. Tari Dolalak merupakan tari yang berasal dari Kabupaten Purworejo yang merupakan bentuk akulturasi budaya. Metode penelitian merupakan studi pustaka studi pustaka dari beberapa literatur (analisis isi). Studi literatur dilakukan dengan menganalisis mengenai kearifan lokal dan budaya di kabupaten Purworejo yaitu Tari Dolalak. Tari Dolalak mengalami perkembangan antara lain: 1) jenis tarian, 2) syair, 3) pakaian/ kostum, 4) formasi pemain, dan 5) pementasan. Berdasarkan analisis 3 (tiga) syair Dolalak yaitu Jalan-Jalan, Ambil Kain, dan Pagi-Pagi, maka dapat dijelaskan bahwa Tari Dolalak mengandung nilai-nilai yang terkandung dalam Kurikulum 2013 yaitu ranah sikap sosial dan spiritual yaitu jujur, disiplin, tanggung jawab, toleransi, gotong royong, santun, dan percaya diri. Selain itu, mengandung nilai Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yaitu  religius, nasionalisme, mandiri, gotong royong, dan integritas. Berdasarkan analisis gerakan dan perlengkapan Tari Dolalak, maka dapat dijelaskan bahwa Tari Dolalak dapat diintegrasikan dalam ranah pengetahuan dan keterampilan. Ranah pengetahuan dan keterampilan ini meliputi materi keanekaragaman hayati, plantae, animalia, dan sistem gerak.

 Kata kunci: tari dolalak, kearifan lokal dan budaya, pendekatan kalbu, biologi,
                    kurikulum 2013

 

References

Adinugraha F. (2017). Pengaruh model pembelajaran dan efikasi diri terhadap sikap ilmiah siswa sma peminatan mipa. Jurnal Pro-Life. 4 (3) : 441-455.

Kandepdikbudcam. (1995). Hasil penataran muatan lokal dolalak. Purworejo: Kandepdikbudcam.

Pangalia RT. (2015). Strategi komunikasi kesenian tari dolalak di kabupaten purworejo. Skripsi. Online at http://repository.uksw.edu.

Pieter J. (2017). Pembelajaran ipa berbasis kearifan lokal sebagai solusi pengajaran ipa di daerah pedalaman provinsi papua. On line at https://www.researchgate.net 1-11 [diakses 15 Mei 2018].

Pusat Analisis dan Sinkronisasi Kebijakan Sekertariat Jenderal Kemdikbud. (2017). Penguatan pendidikan karakter. Jakarta: Kemdikbud.

Santosa DH, Timbul Haryono, R.M. Soedarsono. (2013). Seni dolalak purworejo jawa tengah: peran perempuan dan pengaruh islam dalam seni pertunjukan. Jurnal Kawistara 3 (22) : 228 – 241.

Sari JR, Kartimi Kartimi, dan Eka Fitriah. (2015). Penerapan pembelajaran biologi berbasis sains budaya lokal kesenian sintren pada konsep spermatophyta untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa sma n 1 ciwaringin 5 (1) : 1 – 12.

Sidik AS dan Rebino Tjiptosiswoyo. 1995. Seni tari dolalak sebagai pegangan dalam memberikan pelajaran seni tari dolalak (muatan lokal kabupaten purworejo). Purworejo: Depdikbud Purworejo.

Sularso S. (2016). Revitalisasi kearifan lokal dalam pendidikan dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 2 (1) : 74 – 79.

Additional Files

Published

01-02-2018

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.