HUBUNGAN SISTEM KOMPUTERISASI DENGAN KEPUASAN MAHASISWA DI POLITEKNIK KESEHATAN JAKARTA II JURUSAN TEKNIK ELEKTROMEDIK

Authors

  • AMANUDIN AMANUDIN Pamulang University

DOI:

https://doi.org/10.32493/eduka.v3i1.3807

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk memberikan masukan kepada semua komunitas atau kelompok kerja pegawai atau karyawan dalam meningkatkan kualitas pelayanan terhadap mahasiswa, untuk mengetahui sejauh mana hubungan sistem komputerisasi yaitu dalam mengoptimalkan penggunaan dalam rangka memberikan kepuasan pelayanan terhadap mahasiswa, untuk mengetahui upaya lembaga dalam rangka mengatasi hambatan-hambatan yang ada didalam memberikan pelayanan yang terhadap mahasiswa. Suatu pekerjaan pada dasarnya memerlukan kecepatan dalam prosesnya dan ketepatan dalam penyampaian hasilnya serta berusaha meng-efisienkan dari segi pendanaan dan tenaga. Sedangkan jenis pekerjaan yang ada dapat berbentuk pekerjaan yang sama dan rutin dari waktu ke waktu tetapi ada juga jenis pekerjaan yang tidak dan tidak rutin. Salah satu usaha yang harus dilakukan oleh suatu institusi pendidikan dalam melakukan pekerjaan yang sifatnya rutinitas dan formatnya selalu sama seperti pendataan mahasiswa baru, membuat absen perkuliahan, absen ujian, format kartu rencana studi, kartu hasil studi dan lain sebagainya, maka perlu sekali menggunakan alat bantu kerja berupa komputer, namun dengan komputer saja tidaklah cukup karena komputer tidak dapat bekerja tanpa adanya program khusus yang berkaitan dengan pekerjaan yang diharapkan. Untuk itu diperlukan jasa seorang programer untuk melakukan hal tersebut. Sebuah institusi pendidikan yang sudah maju dengan jumlah mahasiswa yang cukup banyak sekiranya perlu menerapkan sistem komputerisasi, sebab dengan sistem komputerisasi yang baik, maka akan dapat meningkatkan hasil pekerjaan, mutu pekerjaan dalam waktu yang relatif singkat, sehingga akan dapat meningkatkan mutu pelayanan kepada konsumennya. Konsumen akan merasa puas bila apa yang diharapkan akan tercapai, dan konsumen akan lebih puas bila hasil yang dirasakan melebihi apa yang diharapkannya.Hipotesis penelitian dapat dirumuskan sebagai berikut: Diduga terdapat hubungan yang positif antara sistem komputerisasi dengan kepuasan mahasiswa di Politeknik Kesehatan Jakarta II Jurusan Teknik Elektromedik.

Kata Kunci: Komputerisasi dan Kepuasan

References

Buku Diktat Kuliah (2003). Pengetahuan dan Praktik Komputer, Jakarta.

Hamalik, Oemar, (1989). Komputerisasi Pendidikan Nasional, Bandung CV. Mandar Maju.

Irawan Handi, (2002). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan, Jakarta: PT. Gramedia.

Kotler Philip, (1995). Manajemen Pemasaran, Jakarta: Salemba Empat.

Kusumo Tjipto, Pengantar Sistem Informasi Manajemen, PT Elex Media Komputindo. Jakarta: Gramedia.

Longkutory, J John. (1988). Pengenalan Komputer, Bandung: Sumber Widya.

Noersasongko Edi, (1985). Mengenal Dunia Komputer, Jakarta : Pendidikan Komputer Santa Lusia.

S. Nasution, Metode Research (Penelitian Ilmiah), Bumi Aksara, Jakarta, 1996.

Simangungsong, Bonar, (1991). Sistem Informasi Manajemen, Jakarta : PT, Paherindo,.

Sudjana, (1986). Metode Statistik, Bandung: Tarsito.

Siegel Sidney, (1985). Statistik Nonparametrik Untuk Ilmu Sosial, Jakarta : PT. Gramedia.

Syani Abdul, (1985). Pengantar Metode Statistik Nonparametrik, Jakarta : Pustaka Jaya.

Wijanarko, Fredy, (1992). Design Sistem & Teknik Pemrograman, Jakarta : Dinastindo.

Additional Files

Published

01-02-2018

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.