PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAPPS (THINKING ALOUD PAIRS PROBLEM SOLVING) PADA MAHASISWA S1 MANAJEMEN UNIVERSITAS PAMULANG
DOI:
https://doi.org/10.32493/eduka.v3i1.3808Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah matematika ekonomi dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAPPS (Thinking Aloud Pairs Problem Solving). Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek pemberi tindakan dalam penelitian ini adalah dosen matematika ekonomi program studi manajemen Universitas Pamulang, sedangkan subjek penerima tindakannya adalah mahasiswa semester 2 program studi manajemen Universitas Pamulang yang berjumlah 35 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, metode tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data tindakan dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur, yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses perkuliahan. Beberapa hal yang dapat disimpulkan dari penelitian tindakan kelas ini adalah: 1) kemampuan mahasiswa dalam menerapkan kosep/prinsip dan startegi pemecahan masalah meningkat dari 25,71% menjadi 57,14%, 2) kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan latihan mandiri yang diberikan dosen dalam setiap siklus meningkat dari 31,43% menjadi 74,28%. Berdasarkan penelitian tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAPPS (Thinking Aloud Pairs Problem Solving) dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah matematika ekonomi.
Kata Kunci: Prestasi belajar matematika ekonomi, medel pembelajaran
kooperatif tipe TAPPS
References
Cahyani, Dwi. (2015). Upaya Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Mahasiswa dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Thinking Aloud Pairs Problem Solving pada Mata Kuliah Aljabar Linear. Jurnal Pendidikan Matematika. 8 (2). 154-165.
Gunarso, Singgih D. (2004). Psikolog Praktis, Anak, Remaja dan Keluarga. Jakarta : BPK Gunung Mulia.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : pustaka setia.
Ismail, dkk. (2011). Aplikasi Pendekatan Penyelesaian Masalah Dalam Pengajaran Mata Pelajaran Teknikal dan Vokalisional di Fakulti Pendidikan UTM. Journal of Educasional Psychology and Counseling. 2 (1), 113-144.
Johnson, S. D. & Chung, S. (1999). The Effect of Thinking Aloud Pair problem Solving (TAPPS) on the Troubleshooting Ability of Aviantion Technician studentd. Journal of Industrial Teacher Education. 37(1).
Sutama. (2010). Penelitian Tindakan. Surakarta : CV. Citra Mandiri Utama.
Syafrudin, Nurdin. (2005). Model Pembelajaran yang Memperhatikan Keragaman
Individu Siswa dalam Kurikulum Berbasis Kompetens. Jakarta: Quantum Teaching.
Pate, M. L. & Miller, G. (2011). Effects of Think-Aloud Pair Problem Solving on Secondary-Level Students’ Performance in Career and Technical Education Courses. Journal of Agricultural Education. 52 (1), 120-131.
Pate, M. L., Wardlow, G. W., & Johnson, D. M. (2004). Effects Of Thinking Aloud Pair Problem Solving On The Oubleshooting Performance Of Undergraduate Griculture Students In A Power Technology Course. Journal of Agricultural Education. 45 (4), 1-11