PENERAPAN MODEL NHT BERBANTU POWERPOINT DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PERENCANAAN PENGAJARAN PADA MAHASISWA KELAS 02PIEM001 PENDIDIKAN EKONOMI, UNIVERSITAS PAMULANG
DOI:
https://doi.org/10.32493/eduka.v3i2.3809Abstract
Tujuan penelitian adalah meningkatkan kualitas pembelajaran Perencanaan Pengajaran dengan model NHT berbantu powerpoint pada mahasiswa kelas 02PIEM001 Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Pamulang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah mix method, dengan metodologi Penelitian Tindakan Kelas. Adapun desain PTK yang digunakan adalah Kurt Lewin yang terdiri 3 siklus. Subjek penelitian adalah dosen dan mahasiswa kelas 02PIEM001 Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Pamulang. Instrumen penelitian ini yaitu lembar observasi keterampilan dasar mengajar dosen, lembar observasi aktivitas mahasiswa, dan soal tes untuk mengetahui prestasi belajar perencanaan pengajaran mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan statistika deskriptif. Hasil penelitian menemukan perolehan skor keterampilan dosen pada siklus I yaitu 21 (baik), skor siklus II yaitu 24 (sangat baik), dan skor siklus III 29 (sangat baik). Skor aktivitas mahasiswa pada siklus I yaitu 16,0 (cukup), skor siklus II yaitu 21,7 (baik), dan skor siklus III yaitu 25,2 (sangat baik). Ketuntasan belajar mahasiswa siklus I adalah 50% (tidak tuntas), siklus II adalah 69% (tidak tuntas), dan siklus III adalah 85% (tuntas). Simpulan penelitian adalah model NHT berbantu powerpoint telah meningkatkan kualitas pembelajaran Perencanaan Pengajaran yaitu melalui meningkatnya ketrampilan dosen, aktivitas belajar dan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah perencanaan pengajaran kelas 02PIEM001 Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Pamulang
Kata Kunci: kualitas pembelajaran, model NHT, media powerpoint,
perencanaan pengajaran
References
Abdillah, C., Linuwih, S., & Isnaeni, W. (2017). The Effectiveness of Model Learning Preser-X Assisted LKS Against Science Process Skills and Understanding Students Concept. Journal of Primary Education, 6(3), 192-199.
Anggara, D. S. (2016). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Ekonomi Melalui Model Think Pair Share Dengan Media Powerpoint Pada Mahasiswa Kelas 03pie papendidikan ekonomi Universitas pamulang.pekobis Jurnal Pendidikan, Ekonomi dan Bisnis, 2(2), 12-20.
Erdemir, N. (2011). The Effect of PowerPoint and Traditional Lectures on Students' Achievement in Physics. Journal of Turkish Science Education (TUSED), 8(3).
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Haydon, T., Maheady, L., & Hunter, W. (2010). Effects of numbered heads together on the daily quiz scores and on-task behavior of students with disabilities. Journal of Behavioral Education, 19(3), 222-238.
Hunter, W. C., Maheady, L., Jasper, A. D., Williamson, R. L., Murley, R. C., & Stratton, E. (2015). Numbered heads together as a tier 1 instructional strategy in multitiered systems of support. Education and Treatment of Children, 38(3), 345-362.
Leasa, M., & Corebima, A. D. (2017). The effect of numbered heads together (NHT) cooperative learning model on the cognitive achievement of students with different academic ability. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 795, No. 1, p. 012071). IOP Publishing.
Lince, R. (2016). Creative Thinking Ability to Increase Student Mathematical of Junior High School by Applying Models Numbered Heads Together. Journal of Education and Practice,7(6), 206-212.
Sari, M., & Surya, E. (2017). Improving the Learning Outcomes of Students using Numbered Heads Together Model in the Subjects of Mathematics. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 33(03), 311-3