ANALISIS PENGGUNAAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI

Authors

  • LODYA SESRIYANI Pamulang University
  • NUR NAJIBAH SUKMAWATI Pamulang university

DOI:

https://doi.org/10.32493/eduka.v4i1.3822

Abstract

Pada revolusi industry 4.0, pendidikan tidak dapat lagi dipisahkan dari teknologi. Teknologi mempengaruhi semua aspek yang ada pada pendidikan termasuk peserta didik. Teknologi mempengaruhi bagaimana mereka melihat, mendengar, berbicara dan berkomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan instagram pada matakuliah Bahasa Inggris Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa semester 1 yang sedang mengambil matakuliah Bahasa Inggris. Total responden adalah 19 orang mahasiswa. Penelitian ini menggunakan interview yang bersifat terbuka, sehingga responden dapat menjawab pertanyaan wawancara dengan jelas dan lengkap sesuai dengan porsinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mendapatkan manfaat yang sangat besar ketika belajar speaking menggunakan akun instagram mereka. Sebagian besar dari mereka menyatakan bahawa; (1) mahasiswa merasa percaya diri dalam berbicara Bahasa Inggris, (2) Mahasiswa lebih focus pada penggunaan grammar yang benar ketika berbicara, (3) Mahasiswa lebih mudah untuk mengoreksi postingan temannya, (4) negative komen yang diberikan oleh temannya memotivasi mahasiswa untuk berbicara lebih jelas dan lancar.

Kata Kunci : Bahasa Inggris, Instagram, Speaking.

References

Aydin, S. 2014. Foreign language learners’ interactions with their teachers on Facebook. System, 42(1), 155–163. https://doi. org/10.1016/j.system.2013.12.001

B. Belardi. 2013. Texting While Studying: New Study from McGraw-Hill Education Reveals That Technology Can Be Students’ Best Friend and Worst Enemy. McGraw-Hill Education. Retrieved from: https://www.mheducation.com/about/news-room/texting-whilestudying-new-study-mcgraw-hill-education-reveals-technologycan-be

Bexheti, Lejla A, Burim E. Ismaili, and Betim H. Cico. 2014. “An Analysis of Social Media Usage in Teaching and Learning: The Case of SEEU.†Proceedings of the International Conference on Circuits, Systems, Signal Processing, Communications and Computer: 90-94.

Chun, D., Smith, B., & Kern, R. 2016. Technology in language use, language teaching, and language learning. Modern Language Journal, 100, 64–80. https://doi.org/10.1111/modl.12302

Costill, A. 2014. 30 Things you absolutely need to know about Instagram. Retrieved from http://www.searchenginejournal.com/30-things-absolutely-needknow- instagram/85991/

Indonesian Digital Report. 2019. Retrieved from https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2019/

Manca, S., & Ranieri, M. 2013. Is it a tool suitable for learning? A critical review of the literature on Facebook as a technology-enhanced learning environment. Journal of Computer Assisted Learning, 29(6), 487–504. https://doi.org/10.1111/jcal.12007

Zhang, Lili. 2013. “Mobile phone teachnology engageent in EFL classroom.†International Conference on Software and Computer Science (ICSECS): 171-173.

Additional Files

Published

01-02-2019

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.