KAJIAN TEORI GROWTH POLES DARI FRANCOIS PERROUX DAN RELEVANSINYA UNTUK PERTUMBUHAN EKONOMI REGIONAL TANGERANG SELATAN

Authors

  • JUMINO JUMINO Pamulang University

DOI:

https://doi.org/10.32493/eduka.v4i1.3824

Abstract

Penelitian ini menggambarkan dan menganalisa teori growth poles dalam kerangka kajian ekonomi regional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap landasan pemikiran Francois Perroux dalam konsep growth poles. Lebih lanjut akan dibahas bagaimana strategi growth poles bisa digunakan dalam meningkatkan perekonomian regional dan ketimpangan antara pusat dan daerah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, yakni mencari literatur berupa buku atau artikel jurnal dalam database sumber penelitian baik sumber daring maupun perpustakaan. Teknik analisis data menggunakan analisis konten. Kajian ini menunjukkan bahwa teori growth poles adalah usaha untuk membangun kutub-kutub perkembangan perekonomian yang tidak terpusat, namun bersifat menyebar. Tujuan teori ini adalah untuk mengembangkan ekonomi wilayah dengan cara memberikan enforcement pada usaha dominan sehingga bisa memberikan stimulus gerak aktivitas perekonomian yang luas dan sistemik. Konsep growth poles sesuai diimplementasikan di Kota Tangerang Selatan yang berdekatan dengan pusat perekonomian Ibu Kota Jakarta. Pengembangan kota Tangerang Selatan diusahakan dengan memberi dukungan pada sektor utama berupa jasa dan konstruksi yang bisa memberikan efek pendorong perekonomian.

Kata Kunci : Ekonomi Regional, Growth Poles, Pemerataan

References

Higgins, B., & Savoie, D. J. (Eds.). (2017). Regional economic development: essays in honour of François Perroux. Routledge: New York

Benedek, J. (2016). The role of urban poles in regional policy: the Romanian case. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 223, 285-290.

Mustățea, N. M. (2013). Growth Poles-An Alternative To Reduce Regional Disparities. Case Study-Iasi Growth Pole. Romanian Review of Regional Studies, 9(1), 51.

Jamalia, J. S. (2011). Studi pengembangan wilayah kota tengerang Selatan melalui pendekatan sektor-sektor unggulan.(Skripsi S1. Fakultas Sains dan Teknologi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)

Fadillah, U. M. T., & GUNANTO, E. Y. A. (2016). Analisis Sektor Unggulan di Kota Tangerang Selatan (Skripsi S1, Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Universitas Diponegoro).

Dobrescu, E. M., & Dobre, E. M. (2014). Theories regarding the role of the growth poles in the economic integration. Procedia Economics and Finance, 8, 262-267.

Capello, R. (2015). Regional economics. Routledge: New York.

Additional Files

Published

01-02-2019

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.