Perbedaan Gender dalam Menghadapi Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid 19 (Studi Kasus di Indonesia)

Authors

  • Ifa Nurmasari Universitas Negeri Jakarta
  • Siti Nurjanah Universitas Negeri Jakarta
  • Awaluddin Tjalla Universitas Negeri Jakarta
  • Suparno Suparno Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Pandemi Covid 19 telah menyebabkan perubahan pada berbagai aspek kehidupan, termasuk pada bidang Pendidikan. Hal ini mengharuskan dunia Pendidikan untuk berdaptasi dan melakukan perubahan dari pembelajaran offline menjadi online. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk melihat perbedaan gender dalam menjalani pembelajaran online selama pandemi covid 19 di Indonesia. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian berupa library research. Analisis dilakukan pada artikel ilmiah berupa jurnal dengan sampel sekolah atau perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Pembelajaran online menjadi solusi untuk mengadakan kegiatan belajar mengajar walaupun sekolah ditutup. Pembelajaran online pada masa pandemi ini memberikan reaksi dan dampak yang berbeda pada siswa dan mahasiswa berdasarkan gender baik laki-laki maupun perempuan. Oleh sebabitu, Pengajar sebaiknya lebih memperhatikan metode pengajaran pada anak didiknya selama belajar online, karena perbedaan gender berpengaruh pada proses belajar mengajar.

Keywords: covid-19; pendidikan; gender

Additional Files

Published

30-04-2024

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.