Perbedaan Gender dalam Menghadapi Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid 19 (Studi Kasus di Indonesia)
Abstract
Pandemi Covid 19 telah menyebabkan perubahan pada berbagai aspek kehidupan, termasuk pada bidang Pendidikan. Hal ini mengharuskan dunia Pendidikan untuk berdaptasi dan melakukan perubahan dari pembelajaran offline menjadi online. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk melihat perbedaan gender dalam menjalani pembelajaran online selama pandemi covid 19 di Indonesia. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian berupa library research. Analisis dilakukan pada artikel ilmiah berupa jurnal dengan sampel sekolah atau perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Pembelajaran online menjadi solusi untuk mengadakan kegiatan belajar mengajar walaupun sekolah ditutup. Pembelajaran online pada masa pandemi ini memberikan reaksi dan dampak yang berbeda pada siswa dan mahasiswa berdasarkan gender baik laki-laki maupun perempuan. Oleh sebabitu, Pengajar sebaiknya lebih memperhatikan metode pengajaran pada anak didiknya selama belajar online, karena perbedaan gender berpengaruh pada proses belajar mengajar.
Keywords: covid-19; pendidikan; gender