ANALISIS BUKTI EMPIRIS TENTANG DAMPAK EKUITAS SOSIAL EKONOMI OPERASIONAL BUS RAPID TRANSIT (BRT) DI NEGARA BERKEMBANG

Authors

  • SYAMSUL ANWAR Pamulang University

DOI:

https://doi.org/10.32493/eduka.v4i2.3851

Abstract

Penelitian ini menawarkan analisis bukti empiris tentang dampak ekuitas sosial ekonomi operasional Bus Rapid Transit (BRT) di Negara berkembang. Fokusnya adalah pada ekuitas vertikal, yaitu apakah sistem BRT mencapai manfaat progresif untuk segmen populasi yang lebih miskin. Temuan dari Afrika, Asia dan Latin Amerika semua menyarankan bahwa BRT memang menawarkan manfaat signifikan bagi kelompok berpenghasilan rendah, dalam hal waktu perjalanan dan penghematan biaya, peningkatan akses, dan manfaat keselamatan dan kesehatan. Namun manfaatnya sering condong ke pengguna berpenghasilan menengah dan karenanya kurang progresif daripada mereka. Dua alasan ini adalah cakupan spasial yang tidak mencukupi, dan kebijakan tarif yang tidak sesuai. Sementara banyak fitur BRT berpotensi memungkinkannya untuk memberikan hasil yang berpihak pada orang miskin, hasil tersebut hanya terwujud jika BRT pelaksana memberikan perhatian khusus dan berkelanjutan untuk ekuitas. Tulisan ini mengidentifikasi masalah-masalah utama yang perlu ditujukan untuk mengarahkan implementasi BRT menuju hasil yang lebih berkelanjutan secara sosial, penting di antara yaitu untuk meningkatkan integrasi dengan layanan transportasi transit, paratransit, dan tidak bermotor lainnya, dan dengan sektor perumahan.
Kata Kunci : BRT, ekuitas, kemiskinan, dampak sosial, ekonomi.

References

Hidalgo, D., Graftieaux, P. (2008). Bus rapid transit systems in Latin America and Asia: results and difficulties in 11 cities. Transportation Research Record: Journal of the Transportation research Board(2072), 77-88.

Hidalgo, D., Gutiérrez, L. (2013). BRT and BHLS around the world: Explosive growth, large positive impacts and many issues outstanding. Research in Transportation Economics, 39(1), 8-13.

Hidalgo, D., Munoz, J.C., Velásquez, J.M. (2016). The path toward integrated systems. In J. C. Munoz & L. Paget-Seekins (Eds.), Restructuring Public Transport Through Bus Rapid Transit: An International and Interdisciplinary Perspective (pp. 31-50). Bristol: Policy Press.

Basuki, Manfaat standarisasi kinerja angkutan perkotaan, Jurnal Transportasi, vol. 8.1, pp. 57-66, 2008.

O. Z. Tamin, Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Bandung: Penerbit ITB, 1997.

Weldy Anugra Riawan, Analisa Pelayanan Bus Rapid Transit Kapasitas Sedang pada Sistem Transportasi Perkotaan, Universitas Diponegoro, 2018

Scholl, L., Bouillon, C., Oviedo, D., Corsetto, L., Jansson, M. (2016). Urban Transport and Poverty:Mobility and Accessibility Effects of IDB-supported BRT Systems in Cali and Lima. IDB: Washington, DC.

Additional Files

Published

23-01-2020

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.