Pengaruh Media Intelligence Stick terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas I SDN 3 Krapyak Jepara

Authors

  • Erna Erintasari Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Syailin Nichla Choirin Attalina Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Hamidaturrohmah Hamidaturrohmah Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Abstract

Mata pelajaran matematika di kelas rendah membutuhkan benda konkret untuk memudahkan siswa dalam memahami konsep materi yang sedang diajarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh media intelligence stick terhadap hasil belajar matematika kelas I SDN 3 Krapyak Jepara. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis true eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes, analisis data yang dilakukan adalah uji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa perubahan motivasi belajar peserta didik kelas VI siswa mengalami peningkatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari rata-rata 68,4 menjadi 92,2 artinya selisih rata-rata sebesar 23,8 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media intelligence stick terhadap hasil belajar matematika kelas I SDN 3 Krapyak Jepara.

Kata Kunci : media; intelligence stick; hasil belajar.

Additional Files

Published

26-08-2024

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.