Analisis Hambatan Guru dalam Mengikuti Program Guru Penggerak: Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri 1 Sukosono

Authors

  • Muhammad Bagas Aviyanto Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Erna Zumrotun Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Muh Muhaimin Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik studi kasus, bertujuan untuk menganalisis hambatan-hambatan yang dihadapi guru dalam upaya mengikuti program guru penggerak di Sekolah Dasar Negeri 1 Sukosono. Enam guru kelas berpartisipasi dalam penelitian sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data digunakan yaitu kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penyusunan kesimpulan sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hambatan yang dihadapi oleh guru meliputi 2 faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi keterbatasan waktu dalam mengikuti program, dan sumber daya fisik guru yang sudah tua, sedangkan faktor eksternal meliputi kurangnya dukungan administrasi bagi guru, dan kebijakan syarat dalam mengikuti program guru penggerak yang mengharuskan minimal mengajar selama 5 tahun dan harus punya dapodik. Hal ini menjadi faktor penghambat dalam mengikuti program Guru Penggerak di Sekolah Dasar Negeri 1 Sukosono.

Kata kunci: hambatan guru; program guru penggerak.

Additional Files

Published

26-08-2024

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.