PERAN GURU PADA ERA PENDIDIKAN 4.0
DOI:
https://doi.org/10.32493/eduka.v4i2.4264Abstract
Era revolusi industri 4.0 mengakibatkan perubahan diberbagai bidang termasuk Pendidikan. Penelitian ini mengkaji bagaimana peran guru dalam mengajar di era Pendidikan 4.0. Metode dalam penelitian ini adalah studi literatur. Penelitian studi literatur ini menggunakan berbagai sumber tertulis seperti jurnal dan dokumen- dokumen yang relevan terhadap penelitian ini. Studi ini memfokuskan pada peran guru sebagai seorang pendidik dalam pendidikan dan pembelajaran. Peran penting guru adalah dalam memajukan pendidikan, ini karena guru berinteraksi langsung dengan siswa dalam pembelajaran. Guru sebagai pendidik didalam pembelajaran pada era Pendidikan 4.0 ini harus memiliki soft skill yang kuat, antara lain: critical thingking, creative, communicative dan collaborative (Cann, 2016). Hasil studi menunjukkan bahwa peran guru tidak dapat tergantikan sepenuhnya oleh teknologi. Peran guru yang tidak dapat digantikan tersebut antara lain: teladan dalam tindakan, sikap ataupun karakter dan inspiratif serta pasion. Interaksi guru dan siswa dalam pembelajaran dapat membangun dan mengembangkan karakter siswa.
Kata Kunci: peran, guru, pendidikan 4.0
References
Almeida, Fernando. 2019. The Role of Serious Games, Gamification And Industry 4.0 Tools In The Education 4.0 Paradigm. Contemporary Educational Technology, 10(2), 120-136.
Brooks, Gavin. and Simon Bibby. 2013. The Journal Of Literature In Language Teaching, Vol. 2, ISSN: 2187-722X
Brown-Martin, G. 2017. Education and the fourth industrial revolution. https://www.groupemediatfo.org/wpcontent/uploads/2017/12/FINAL.
Burritt, R. and K. Christ, 2016. Industry 4.0 and environmental accounting: A new revolution? Asian Journal of Sustainability and Social Responsibility, 1(1): 23-38.
Cann, O., 2016. Five million jobs by 2020: The real challenge of the fourth industrial revolution. World Economic Forum. International Organisation for Public Private Cooperation, Geneva, Switzerland. Available from https://www.weforum.org/press/2016/01/five-million-jobs-by-2020-the-real-challenge-of-the-fourth-industrial-revolution/.
Chou, Chun-Mei, Chien-Hua Shen, His-Chi Hsiao, and Tsu-Chguan Shen. 2018. Industry 4.0 Manpower and its Teaching Connotation in Technical and Vocational Education: Adjust 107 Curriculum Reform. International Journal of Psychology and Educational Studies, 2018, 5 (1), 9-14.
Davis, R., 2015. Industry 4.0: Digitalisation for productivity and growth, briefing for the European parliament (PE568.337). European Parliamentary Research Service.
Ghani, Erlane K. and kamaruzzaman. 2019. Industry 4.0: Employers’ Expectations of Accounting Graduates and its Implications on Teaching and Learning Practices. International Journal of Education and Practice, Vol. 7, no. 1, pp. 19-29, ISSN(e): 2310-3868, ISSN(p): 2311-6897.
Greenstein, L. 2012. Assessing 21 st Century skills: A guide to evaluating mastery and authentic learning. Thousand Oaks, CA: Corwin.
Hartanto, A. 2018. Making Indonesia 4.0. Jakarta. Retrieved from http://www.kemenperin.go.id/download/18384
Hussin, A. A. 2018. Education 4.9 Made Simple: Ideas For Teaching. International Journal of Education & Literacy Studies, 6(3), 92-98.
Jack Ma. 2018. World Economic Forum. Davos, Swiss. Diakses tanggal 24 November 2019. https://www.liputan6.com/bisnis/read/3238241/jack-ma-ubah-pendidikan-agar-bersaing-dengan robot
Kagermann, H., 2014. Chancen von industrie 4.0 nutzen, In T. Bauernhansl, M. ten Hompel & B. Vogel-Heuser, (Ed.). Industrie 4.0 in Produktion, Automatisierung und Logistik. Anwendungen Technologien Migration. Wiesbaden: Springer. pp: 603-614.
Leen, C.C., Hong, K.F.F.H., and Ying, T.W. 2014. Creative and Critical Think-ing in Singapore Schools. Singapore: Nanyang Technological University
World Economic Forum. 2016a. Chapter 1: The future of jobs and skills. Accessed from http://reports.weforum.org/future-of-jobs-2016/chapter-1-the-future-of-jobs-and-skills
World Economic Forum Report. 2016b. New Vision for Education: Fostering social and emotional learning through technology.