Pengembangan Modul Pembelajaran Interaktif Berbasis Project-Based Learning pada Mata Pelajaran Proyek Kreatif Kewirausahaan

Authors

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan modul pembelajaran interaktif berbasis Project-Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran Proyek Kreatif Kewirausahaan. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, penelitian ini menganalisis bagaimana pendekatan interaktif dan kontekstual yang mengintegrasikan elemen multimedia seperti video dan kuis dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen untuk memahami efektivitas modul dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, dan kreativitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proyek nyata seperti perencanaan produksi, pembuatan prototipe, dan pemasaran produk secara signifikan meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Uji coba modul di SMK Negeri 48 Jakarta menunjukkan bahwa modul ini mampu mengatasi rendahnya minat siswa terhadap kewirausahaan dengan membekali mereka keterampilan praktis yang relevan dengan kebutuhan industri. Selain itu, modul ini menjadi panduan komprehensif bagi guru untuk menerapkan PjBL secara efektif di kelas vokasi. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan teori pembelajaran berbasis proyek dan menunjukkan bagaimana media pembelajaran interaktif dapat mendukung pendidikan vokasi sekaligus mengatasi tantangan pengangguran.

Additional Files

Published

09-03-2025

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.