Penyelarasan Kurikulum Berbasis Industri di SMKN 26 Jakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrisikan penyelarasan kurikulum berbasis kelas industri sebagai bentuk strategi sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMKN 26 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian didapatkan model pembelajaran kelas industri diawali dengan penyelarasan kurikulum melalui kerjasama antara pihak sekolah dan industri agar sesuai dengan kualifikasi industri. proses pelaksanaan disesuaikan dengan kurikulum yang telah disusun. Langkah selanjutnya adalah melakukan evaluasi program kelas industi yang sudah dilaksanakan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa diperlukan komitmen yang tinggi diantara pihak yang bermitra yaitu sekolah dan industri, serta peran aktif dari pihak mitra industri dalam menyelenggarakan kelas industri, karena yang menjadi fokus pembelajaran di kelas industri adalah agar siswa memiliki keterampilan, pengetahuan, sikap, dan nilai-nilai yang dibutuhkan industri.
Keywords: kurikulum; kelas; industri; SMK