ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN NASABAH DALAM MENGGUNAKAN LAYANAN MOBILE BANKING (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Syariah Mandiri di Kota Semarang)

Authors

  • AMATUN NUR MAKMURIYAH Universitas Islam Negeri Walisongo
  • KARTIKA MARELLA VANNI Universitas Islam Negeri Walisongo

DOI:

https://doi.org/10.32493/eduka.v5i1.6362

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan nasabah dalam mengaplikasikan layanan mobile banking pada nasabah Bank Syariah Mandiri di Kota Semarang, seperti : kemudahan penggunaan, risiko dan fitur layanan. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kuantitatif dengan metode pengambilan sampelnya memakai teknik sampling purposive. Pengukuran yang diterapkan dalam penelitian ini munggunakan skala likert yang diolah melalui aplikasi SPSS (Statistical Package for Social Science). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa setiap variabel independen yang terdiri dari kemudahan penggunaan, risiko, dan fitur layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan layanan mobile banking dan dinyatakan hipotesis yang diajukan diterima.
Kata Kunci : kemudahan penggunaan;risiko;fitur layanan;mobile banking

References

Afifah, Risma. (2017). Pengaruh Manfaat, Kemudahan, Kepercayaan, dan Ketersediaan Fitur Terhadap Penggunaan Mobile Banking Bank Syariah Mnadiri. Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Davis. (1989). Perceived Usefulnes, Perceived Ease Of Use, And User Acceptance Of Information Tecnology. MS Quartertly (Online) Vol.13 Iss. 3, Pg 318.

Fitriani, Kiki Nurul. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dengan Dimensi Carter Di Perbankan Syariah Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada Nasabah Tabungan Faedah BRI Syariah KCP Majapahit Semarang). Skripsi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Fusilier, M. dan S. Durlabhji. (2005). An Exploration of Students Internet Use In India. Campus-Wide Information Systems Vol.22 No.4 Hal, 233-246.

Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Andi.

Juliansya, Arius. (2018). Pengaruh Teknologi Informasi Kemudahan, Risiko, Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Internet Banking (Nasabah BNI Syariah Palembang). Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kencana, Putri Nilam. (2017). Pengaruh Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pada Tip Top Supermarket Ciputat. PEKOBIS Jurnal Pendidikan, Ekonomi dan Bisnis, Vol. 1 No.IV Hal.53-64.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2 Edisi Ke Dua Belas. Erlangga: Jakarta.

L.Rema, Yasinta Oktaviana dan Djoko Budianto Setyohadi. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Mobile Banking Studi Kasus: BRI Cabang Bajawa. Jurnal. Yogyakarta: Seminar Riset Teknologi Informasi (SRITI).

Poon, Wai-Ching. (2008). User’s adoption of e-banking services: the Malaysian perspective. Journal of Business and Industrial Marketing Vol.23 No.1.

Setyobudi, Ismanto. (2004). Konsumen dan Perilaku Prima, Malang: Gava Media.

Sumarwan. Ujang, dkk. (2011). Riset Pemasaran Dan Konsumen, Bogor, PT Penerbit IPB Pers

Susanti, Anik. (2015). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko dan Persepsi Kepercayaan terhadap Minat Menggunakan Mobile Banking, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 2 No.2

Syariah Mandiri Online. (2019). BSM Kembangkan Layanan M-Banking. Jakarta: Indonesia.

Wibiadila, Ikbar. (2016). Pengaruh Kegunaan, Kemudahan, Resiko dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Nasabah dalam Menggunakan Mobile Banking pada PT Bank Mandiri Syariah Cabang Soloâ€, Jurnal Skripsi, FEB Universitas Muhammadiyah Surakarta

Additional Files

Published

01-02-2020

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.