PENGARUH BEBAN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA DOSEN TETAP FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PAMULANG TAHUN 2017
DOI:
https://doi.org/10.32493/eduka.v5i1.7458Abstract
Riset ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beban dan lingkungan kerja secara parsial dan secara simultan terhadap kinerja dosen tetap. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik angket. Instrumen data yang digunakan adalah kuesioner dengan skala Likert. Populasi penelitian adalah dosen tetap di FKIP Universitas Pamulang berdasarkan rumus slovin didapat 81 orang responden dosen tetap. Pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasional regresi dan regresi ganda. Adapun hasil dari studi yang di lakukan bahwa 1) Terdapat pengaruh yang negative dan tidak signifikan antara beban kerja (X1) terhadap kinerja dosen tetap (Y) dengan koefisien korelasi determinasi (R2) sebesar 0,599, 2) pengaruh positif lingkungan kerja (X2) terhadap kinerja dosen tetap (Y) dengan koefisien korelasi determinasi (R2) sebesar 0,599, 3) pengaruh positif beban kerja (X1) dan lingkungan kerja (X2) secara bersama–sama terhadap kinerja dosen tetap (Y) dengan koefisien korelasi determinasi (R2) sebesar 0,358. Penelitian ini membuktikan bahwa secara parsial beban kerja dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dosen tetap, begitu pula secara simultan atau bersama – sama. Peneliti menyarankan agar terjalin komunikasi dan kerjasama yang baik antara manajemen Universitas dan pihak yayasan dengan dosen-dosen, sehingga kinerja dosen tetap akan semakin baik dimasa mendatang.
Kata kunci : beban kerja; lingkungan kerja; kinerja dosen
References
Akdon, & Ridwan. (2008). Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika. Alfabeta: Bandung.
Ashari, Purbayu, dan Santoso, Budi. (2005). Analisis Statistik dengan Microsoft dan SPSS. Yogyakarta.
Anwar, Saiful. (2019). Implementasi Total Quality Management (TQM) dalam Bisnis Pendidikan. Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol 4 No 2 Tahun 2019.
Anwar, Saiful. (2018). Analisa Timed Based Conflict, Strain Cased Conflict dan Behavior Based Conflict Pada Perempuan yang Menjalankan Bisnis Keluarga. Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis Vol. 3 No 2 Oktober 2018.
Sutrisno, Edy. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia, Kencana, Jakarta.
Ferdinand, Augusty. (2005). Structural Equation Modeling dalam Penelitian Manajemen, BP UNDIP Semarang.
George R., Terry. (2005) Principles of Managemen, Hamilton Institute. New York.
Jonker. Jan. Bartjan. J.W. Pennink & Wahyuni, Sari. (2011). Metodologi Penelitian. Jakarta: Salemba Empat.
Rachmawati, Titik, dan Daryanto, (2013). Penilaian Kinerja Profesi Guru dan Angka Kreditnya. Yogyakarta : Ghava Media.
Riduwan, M.B.A. (2014). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.
Sarwono, Sarlito. Wirawan. (2005). Psikologi Lingkungan. Jakarta : Penerbit PT. Gramedia Grasindo.
Simamora. (2014). Membuat Karyawan Lebih Produktif Dalam Jangka Panjang (Manajemen SDM). Yogyakarta : STIE YKPN.
Soekarno. (2006). Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta : Cetakan XIV. Miswar.
Sugiyono. (2006). MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfa Beta.
Suryabrata. (2010). Metodologi Penelitian. Jakarta : Rajawali Pers.
Uno, Hamzah, B. (2012). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara.
Widodo, J.S.. (2001). Dasar – Dasar Pelayanan Publik. Rineka Cipta, Jakarta.
Wursanto, I, (2009). Dasar-Dasar Ilmu Organisasi. Yogyakarta : edisi Dua. Andi.
Keputusan Dirjen Dikti No. 3298/D/T/99 tanggal 29 Desember 1999 tentang jabatan fungsional dosen dan angka kreditnya.
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 17 Tahun 2013 tentang jabatan fungsional dosen dan angka kreditnya.
Permendagri No. 12 Tahun 2008 Pasal 1 (5) Tentang Pedoman Analisis Beban Kerja Di Lingkungan Departemen Dalam Negeri dan Pemerintahan Daerah.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.