Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 dan Hubungannya dengan Partisipasi Mahasiswa dalam Pembelajaran di Program Studi PG PAUD Universitas Cenderawasih

Authors

  • Sirjon Sirjon Universitas Cenderawasih
  • Diana Setyaningsih Universitas Cenderawasih
  • Endang Sri Mulyanie Universitas Cenderawasih
  • Agustinus Tandilo Mamma Universitas Cenderawasih

DOI:

https://doi.org/10.32493/eduka.v6i1.7770

Abstract

ABSTRACT
This study aims to determine students' perceptions of online learning during the Covid-19 pandemic and its relationship with student participation in learning. This study uses a descriptive research method with a quantitative approach. Data collection techniques using questionnaires, observation and interviews. The data analysis technique used the Pearson correlation formula with the help of SPSS version 20. The sample in this study amounted to 84 people, which were determined using a total sampling technique so that all members of the population were used as the research sample. The results of the correlation analysis showed a significance value of 0.000 < 0.05 and a Pearson correlation value of 0.476, so it was concluded that there was a positive relationship with a moderate degree of relationship between student perceptions of online learning and student participation in learning.
Keywords: Pandemic; Participation; Learning; Perception.

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring dimasa pandemi Covid-19 dan hubungannya dengan partisipasi mahasiswa dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi pearson dengan bantuan SPSS versi 20. Sampel pada penelitian ini berjumlah 84 orang, yang ditentukan dengan menggunakan teknik total sampling sehingga semua anggota populasi dijadikan sampel penelitian. Hasil analisis korelasi menunjukkan nilai signifikasi sebesar 0.000 < 0.05 dan nilai korelasi pearson sebesar 0.476, sehingga disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dengan derajat hubungan sedang antara persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring dengan partisipasi mahasiswa dalam pembelajaran.
Kata kunci: Pandemi; Partisipasi; Pembelajaran; Persepsi.

Author Biographies

Sirjon Sirjon, Universitas Cenderawasih

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Dosen

Diana Setyaningsih, Universitas Cenderawasih

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Dosen

Endang Sri Mulyanie, Universitas Cenderawasih

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Dosen

Agustinus Tandilo Mamma, Universitas Cenderawasih

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Dosen

References

Adijaya, N., & Santosa, L. P. (2018). Persepsi Mahasiswa Dalam Pembelajaran Online. Jurnal Wanastra, 10(2), 105–110. http://doi.org/10.31294/w.v10i2.3931

Ainiyah, Z. (2015). Penggunaan Edmodo Sebagai Media Pembelajaran E-Learning Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran Di SMKN 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 3(3), 1–13. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/12541

Ariani, D. (2018). Jurnal Pembelajaran Inovatif Komponen Pengembangan E-Learning. Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan FIP UNJ, 1(14), 58–64. http://doi.org/10.21009/JPI.011.09

Aurora, A., & Effendi, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 05(02), 11–16. http://doi.org/10.24036/jtev.v5i2.105133

Cenderawasih, U. (2020). Surat edaran Nomor 1423/UN20/KP/2020 tanggal 17 Maret 2020 yang berisi tentang pembatasan serta pencegahan penyebaran covid-19 di Lingkungan Universitas Cenderawasih. Jayapura: Rektor Universitas Cenderawasih

Hanifah, Supriadi, N., & Widyastuti, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran E-learning Berbantuan Media Pembelajaran Edmodo Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 31–42. http://doi.org/10.25217/numerical.v3i1.453

Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial (JPE), 10(1). Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/3438

Indonesia. (2020b). Surat Sekretaris Jenderal Kemendikbud RI Nomor: 33603/ A.A5/OT/ 2020 yang berisi kebijakan dan upaya pencegahan penyebaran virus covid-19 di lingkungan Kemdikbud. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Nadziroh, F. (2017). Analisa Efektifitas Sistem Pembelajaran Berbasis E-Learning. JURNAL ILMU KOMPUTER DAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL (JIKDISKOMVIS), 2(1), 1–14. Retrieved from https://journal.unusida.ac.id/index.php/jik/article/view/28

Ningsih, S. (2019). Persepsi Mahasiswa Terhadap Mobile Learning Berbasis Android, 17(01), 45–54. http://doi.org/10.17509/pdgia.v17i1.15858

Niswati, I., AK, D., Lestari, P., & Gustyani. (2012). Hubungan Antara Metode Online Learning (E-Learning) Dengan Motivasi Berprestasi Mahasiswa Universitas “XX.†Jurnal Psibernetika, 5(1), 23–39. http://doi.org/10.30813/psibernetika.v5i1.527

Prayogi, R., Suryatna, U., & Kusumadinata, A. (2015). Hubungan Komunikasi Pembelajaran Sistem E-Learning Dengan Motivasi Belajar Siswa (Studi Kasus Pada SMK Wikrama Kota Bogor). Jurnal Komunikatio, 1(2), 99–113. http://doi.org/10.30997/jk.v1i2.174

Wibawa, B., Mahdiyah, & Afgani, J. (2014). Metode Penelitian pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Additional Files

Published

27-02-2021

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.