Efektivitas Pembelajaran Online Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang
DOI:
https://doi.org/10.32493/eduka.v6i1.7812Abstract
ABSTRACT
This study aims to determine the effectiveness of online learning at the Faculty of Teacher Training and Education at the University of Pamulang since the outbreak of the 2019 corona virus disease (covid-19) pandemic a few months ago in Indonesia. The samples of this research were students of the Pancasila and Citizenship Education study program and the Economic Education Study Program at the Teacher Training and Education Faculty, Pamulang University who were selected using simple random sampling technique by considering population homogeneity. This research is a qualitative study using a survey method with questionnaires and interviews conducted online. Data were analyzed using descriptive statistics. The results of the study illustrated that the activeness of students discussing e-learning reached 80%, working on assignments reached 85%, and activeness in taking exams reached 100%. Meanwhile, complaints during this e-learning learning reached 10% due to various factors, such as a slow internet network and limited quota. For complaints that are psychological in nature, namely the presence of boredom, reaching 8%.
Keywords: Online learning; pandemic
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran daring di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang semenjak merebaknya pandemi corona virus disease 2019 (covid-19) beberapa bulan lalu di Indonesia. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan Program Studi Pendidikan Ekonomi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling dengan mempertimbangkan homogenitas populasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan metode survey dengan kuisioner dan wawancara yang dilakukan secara online. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menggambarkan keaktifan mahasiswa berdiskusi dalam pembelajaran e-learning ini mencapai 80%, pengerjaan tugas mencapai 85%, dan keaktifan mengerjakan ujian mencapai 100%. Sedangkan keluhan selama pembelajaran e-learning ini mencapai 10 % karena diakibatkan berbagai faktor, seperti jaringan internet yang lambat, dan kuota yang terbatas. Untuk keluhan yang bersifat psikis yakni adanya rasa bosan mencapai 8%.
Kata kunci: Pembelajaran daring; pandemiReferences
Arikunto. 2006. ’Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Pt. Rineka Cipta.
Badan Pusat Statistik. 2020. Persentase Penduduk Yang Memiliki/Menguasai Telepon Seluler Menurut Provinsi Dan Klasifikasi Daerah, 2012-2018. Https://Www.Bps.Go.Id. Diakses Pada 15 Agustus 2020
Bisri, K., Samsudi, S., & Supraptono, S. (2009). Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Elearning Berbasis Browser Based Training Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Kompetensi Pemeliharaan/Servis Transmisi Manual Dan Komponen. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Unnes, 9(1), 129527.
Dwi, B., Amelia, A., Hasanah, U., & Putra, A. M. (2020). ''Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19". Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 3.
Hilmiatussadiah, K. G. (2020). Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Dengan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. 1(2), 66–69.
Khusniyah, N. L., & Hakim, L. (2019). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Tatsqif, 17(1), 19–33. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.667
Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika the Effectiveness of E-Learning Using Online Media During the Covid-19 Pandemic in Mathematics. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1–12.
Nuriansyah, F. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Online Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Saat Awal Pandemi Covid-19. Jurnal Pendididikan Ekonomi Indonesia, 1(2), 61–65.
Sibuea, M. fitri L., Sembiring, M. A., & Agus, R. T. A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Berbasis Media Facebook Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal of Science and Social Research, 3(1), 73–77.
Sutapa. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Daring Selama Pandemi Covid-19 Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok). Pediatric Critical Care Medicine, Publish Ah, 19–29.