ANALISIS PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.32493/eduka.v5i1.8167Abstract
Pada masa pandemic covid-19, terjadi pergeseran proses pembelajaran online. Proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan media software elearning. Pada masa pandemic, siswa menjalankan proses pembelajaran dengan menentukan waktu dan sumber belajarnya sendiri. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi menjadi aspek yang penting dalam kemandirian belajar siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh teknologi informasi dan komunikasi terhadap kemandirian belajar siswa pada masa pandemic covid-19. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SEM-PLS. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar siswa pada masa pandemic covid-19 dipengaruhi secara positif oleh teknologi informasi dan komunikasi sebesar 83,12% dan 16,88% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada pada penelitian.Teknologi informasi dan komunikasi dapat meningkatkan kemandirian siswa dalam belajar. Teknologi informasi dan komunikasi memberikan kemudahan siswa untuk mencari informasi dan penyelesaian masalah pada pembelajaran melalui sumber internet.
Kata kunci: teknologi informasi; komunikasi; kemandirian belajar.
References
Ali, Wahab. (2012). Online and Remote Learning in Higher Education Institutes: A Necessity in light of COVID-19 Pandemic. Higher Education Studies 10(3):16
Bhakti dan Dutta. (2016). Impact of Information Technology on Teaching-Learning Process. Scholar Publications, Karimganj, Assam, India, 788711 (Volume-II, Issue-XI, December 2016, Page No. 131-138).
Carson, E. H. (2012). Self-Directed Learning and Academic Achievement In Secondary Online Students. Tennessee: The University of Tennessee.
Eleven, Erika., et.al. (2012). Modern education technology and independent learning. Metalurgia international 17(5):108-112.
Ghozali, Imam., Fuad. (2008). Structural Equation Modeling: Teori, Konsep dan Aplikasi dengan Program Lisrel 8.0. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Jamun, Y. M. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio , 48-52.
Jokic, et.al. (2012). Development of distance learning, independent learning and modern education technology. Technics Technologies Education Management 7(1):111
Jokic, et.al. (2012). Training and development of employees through e-learning. Metalurgia international 17(4):157-161
Karuovic, et.al. (2011). Educational software adapted to children with hearing impairment. Technics Technologies Education Management 6(4): 1276.
Munir, (2017). Pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Newman, Lawrence. (2013). Metodologi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Edisi 7. Jakarta: Permata Puri Media.
Pardanjac, Eleven, Karuovic. (2017). Increase Of User Motivation In Teaching Realized Through Distance Learning. DAAAM International: Vienna.
Pardanjac, Karuovic, Eleven. (2018). The Interactive Whiteboard and Educational Software as an Addition to the Teaching Process. Tehnicki Vjesnik 25(1): 255-262
Raheem dan Khan. (2020). THE ROLE OF E-LEARNING IN COVID-19 CRISIS. International Journal of Creative Research Thought (IJCRT)
Rahman, Shaila dan Bahar, Tamanna. (2020). COVID-19: The New Threat. International Journal of Infection.
Senkbeil, M. (2018). Development and validation of the ICT motivation scale for young adolescents. Results of the international school assessment study ICILS 2013 in Germany. Learning and Individual Differences , 167-176.