ANALISIS KENDALA MANAJEMEN PRAKTIK KERJA INDUSTRI DI SMK NEGERI SE-TANGERANG SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.32493/eduka.v5i2.8173Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) mengevaluasi keefektifan manajemen praktik kerja industri di SMK Negeri Se-Tangerang Selatan, (2) menganalisis kendala yang ada pada manajemen praktik kerja industri di SMK Negeri Se-Tangerang Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan model discrepancy serta menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aspek perencanaan pada manajemen praktik kerja industri (prakerin) memiliki kriteria sangat efektif. Aspek pelaksanaan pada manajemen prakerin memiliki kriteria sangat efektif. Aspek evaluasi pada manajemen prakerin memiliki kriteria sangat efektif. Secara keseluruhan efektivitas manajemen prakerin di SMK Negeri Se-Tangerang Selatan memiliki kriteria sangat efektif dengan capaian ketuntasan adalah 91,8%. Analisis kendala pada penelitian ini menunjukkan bahwa pada aspek perencanaan terdapat poin yang memiliki kesenjangan tinggi, yaitu: (1) program prakerin selalu sama dari tahun ke tahun, (2) dunia usaha dan dunia industry (DU/DI) yang berada di sekitar sekolah tidak selalu relevan dengan program keahlian di sekolah, (3) Pemutakhiran kesepakatan kerja sama antara sekolah dengan DU/DI berupa MoU tidak dilakukan.
Kata kunci: manajemen prakerin; evaluasi program; SMK
References
Alfeld, C. (2015). Building high-quality work-based learning programs for high school students. Louisville, KY: National Research Center for Career and Technical Education.
Badan Pusat Statistik (BPS). (2020). Tenaga kerja. Diambil pada tanggal 7 Mei 2020, dari https://www.bps.go.id/pressrelease/2020/05/05/1672/februari-2020--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-4-99-persen.html
David, F.R. (2011). Strategic management: Concepts and cases (13th ed). New Jersey: Pearson Education, Inc.
Debyo W. (2008). Praktik kerja industri. Diambil pada tanggal 2 Februari 2020, dari http://smkn1-purwodadi.net/v2/
Kurikulum tingkat satuan pendidikan SMK Muhammadiyah 1 Malang. (2006) Malang: Majlis Dikdasmen Muhammadiyah Kota Malang.
Merdeka.com. (2019, 10 Juli). Angka Pengangguran Di Tangerang Selatan Mencapai 40 Ribu Orang. Diakses pada tanggal 2 Februari 2020, dari https://www.merdeka.com/peristiwa/angka-pengangguran-di-tangerang-selatan-mencapai-40-ribu-orang.html
Suharsimi Arikunto & Cepi Safruddin Abdul Jabar. (2014). Evaluasi program pendidikan: Pedoman teoretis praktis bagi praktisi pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Jahanian, R. (2012). Educational evaluation: functions and applications in educational contexts. International Journal of Academic Research in Economics and Management Sciences, Vol. 1, No. 2, 2226-3624.
Zomorrodian, A. (2011). New approach to strategic planning: The impact of leadership and culture on plan implantation via the three cs: cooperation, collaboration and coordination. Proceedings of ASBBS Annual Conference, Las Vegas, Vol. 18,No. 1, 1121-1132.
Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.